Sukses

Hidung Gatal, Bersin-bersin dan Mata Gatal

29 Jun 2018, 11:20 WIB
Wanita, 19 tahun.

Kenapa ya dok hari hari ini aku keseringan gatal hidung, bersin berkali kali, trus mata saya juga sering gatel sampe sampe aku gacak trus jdi merah gatal nya itu gk bisa ditahan dok, sering bgt itu dok.. Knpa ya dok?

Terima kasih telah bertanya seputar Hidung Gatal, Bersin-bersin dan Mata Gatal menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. keluhan hidung gatal, sering bersin dan mata gatal bisa menjadi gejala alergi atau tepatnya rinitis alergi. Penyebab rinitis alergi paling sering di Indonesia adalah alergen (zat pencetus alergi) inhalan yaitu alergen yang masuk ke dalam tubuh dengan cara dihirup atau melalui saluran napas. Alergen yang paling sering ditemukan pada rinitis alergi di Indonesia atau negara tropis pada umumnya adalah tungau debu rumah, bulu binatang, dan kecoak. Alergen makanan sangat jarang menjadi pencetus rinitis alergi.

Bersin-bersin terutama pada pagi hari sering terjadi pada penderita rhinitis alergi. Penderita rhinitis alergi juga bersin bila terkena cuaca dingin, terkena debu, atau terkena aroma-aroma tertentu.

Penentuan alergen penyebab rinitis alergi dapat dilakukan melalui riwayat penyakit dan dapat didukung dengan tes alergi baik melalui darah atau pun tes uji cukit kulit. Hal yang harus diperhatikan selain alergen adalah masalah polutan seperti asap rokok yang dapat merusak saluran napas. Polutan dapat memperberat penyakit alergi di saluran napas seperti asma dan rinitis alergi. 

Gejala dan tanda rinitis alergi:

-Rasa gatal di hidung dan mata

-Bersin berulang-ulang-Cairan hidung (ingus) encer

-Hidung tersumbat

-Bernapas melalui mulut

Hidung tersumbat dapat terjadi pada kedua lubang hidung atau bergantian. Gejala bernapas melalui mulut sering terjadi pada malam hari yang dapat menimbulkan gejala tenggorokan kering, mengorok, gangguan tidur, serta gejala kelelahan pada siang hari. Gejala kombinasi bersin, ingusan, serta hidung tersumbat adalah gejala yang paling dirasakan mengganggu dan menjengkelkan.

Kami sarankan Anda memeriksakan kondisi Anda lebih lanjut ke dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorok (THT) untuk penanganan lebih lanjut agar keluhan anda dapat dikontrol dengan baik. Sementara itu Anda dapat melakukan pencegahan dengan menghindari udara dingin (kenakanlah pakaian yang tebal atau jaket pada saat cuaca dingin), menghindari debu (rajin membersihkan kamar, ganti sprei 1x seminggu, mengganti kasur kapuk menjadi busa, menghindari boneka) dan menghindari binatang peliharaan. Rajin melakukan cuci hidung menggunakan larutan garam steril. 

 

Semoga bermanfaat.

 

1 Komentar