Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Selaput Dara Tidak Robek, Tanda Tidak Perawan? - #250838
29 Jun 2018, 23:52 WIB
Wanita, 22 tahun.

Halo Dok, saya mau tanya. Waktu saya masih kecil umur 10tahun saya tidak sengaja memasukan 2jari tangan (jari telunjuk dan tengah) saya ke dalam vagina. Seingat saya, tidak ada darah yang keluar. Apakah selaput dara saya rusak atau tidak ada? Karena tidak ada darah yang keluar sama sekali. Terima kasih Dokter

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai selaput dara melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Istilah keperawanan di Indonesia dipercayai dengan adanya selaput dara pada liang vagina seorang wanita. Dan keperawanan dipercayai baru hilang kalau ada robekan pada selaput dara disertai darah saat pertama kali berhubungan seksual. Hal ini sebenarnya tidak tepat.

Definisi hilangnya keperawanan adalah sudah masuknya penis ke dalam vagina (penetrasi) atau sudah melakukan hubungan intim.

Selaput dara / hymen adalah selaput membran mukosa yang berada atau menutupi vagina bagian luar. Membran ini bersifat elastis dan bentuknya berbeda-beda. Ada yang berbentuk bulat, pori-pori, dan memiliki septa (batas) di tengahnya.

Memang pada umumnya selaput ini akan robek dan berdarah pada hubungan seksual yang pertama dimana saat itu terjadi penetrasi (penis masuk ke vagina) dan menyebabkan robekan. Namun untuk wanita yang memiliki jenis hymen yang elastis, sangat mungkin tidak terdapat robekan dan darah saat berhubungan seks pertama kalinya.

Banyak orang merasa kesakitan saat hubungan seksual untuk pertama kalinya. Namun sebenarnya bila foreplay (pemanasan) saat akan berhubungan intimnya cukup, rasa kesakitan tidak muncul.

Untuk mengetahui apakah himen masih utuh atau tidak walau sudah pernah melakukan hubungan intim dapat dilakukan dengan memeriksakan diri langsung ke dokter, baik dokter umum maupun dokter kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi seputar selaput darah yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar