Sukses

Bentol-bentol di tangan dan kaki

29 Jun 2018, 18:29 WIB
Wanita, 16 tahun.

Sekitar seminggu yg lalu, saya pulang mudik.. Nahh sering berhenti di pom bensin gituhh buat sholat sama ke wc.. Nahh tiba² tangan sama kaki saya bentol kecil gituhh, tapi lama kelamaan nanahan.. Nahh yg di tangan sebelah kiri udh mendingan, tapi tangan kanan sama kaki kanan saya masih pada nanahan, padahal udh saya kasih betadine tapi udah seminggu ga sembuh², awalnya sii udh mendingan pas saya kasih obat acyclovir malah nanahan lagi.. kira² saya ini kenapa ya dok?? Apa ini salah satu ciri orang yg terkena diabetes??

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telang menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. Kami memahami kekhawatiran Anda. Bentol seperti apa yang Anda maksud? Apakah ada obat-obatan atau makanan yang Anda konsumsi sebelum muncul bengkak kemerahan? Jika ya, obat atau makanan apakah? Sulit bagi kami untuk mendiagnosa tanpa melakukan pemeriksaan tubuh, namun bila memang gatal seluruh tubuh palign sering disebabkan oleh urtikaria.

Jika benar yang anda alami berupa bentol kemerahan yang gatal, maka dalam dunia kedokteran hal ini dikenal dengan istilah Urtikaria. Urtikaria memang merupakan reaksi alergi. Untuk itu, selain pengobatan, perlu diketahui hal apa yang menyebabkannya. Ini diperlukan karena memang penanganan alergi yang terbaik adalah dengan menghindari pencetus yang menyebabkan terjadinya gejala.

Adapun penyebab terjadinya urtikaria, meliputi:

Obat (obat minum, sabun, bahan kosmetik, dll)

Makanan

Gigitan/sengatan serangga

Trauma fisik

Bahan yang dihirup (jamur, debu, bulu binatang)

Infeksi (bakteri, virus, cacing)

Gangguan emosional/stres

Faktor keturunan

Beberapa penyakit seperti keganasan, hepatitis, hipertiroid.Urtikaria ini merupakan reaksi cepat alergi. Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan ini? Adakah periode keluhan Anda hilang? Jika pencetus dihindari bagaimana hasilnya? Adakah keluhan lain seperti sakit gigi atau diare?

Untuk itu, jika Anda sudah mengetahui penyebab alergi Anda, kami sarankan Anda menghindarinya. Jika penyebabnya karena udara dingin maka Anda perlu menggunakan baju hangat bila di wilayah yang dingin atau jika ruangan Anda terlalu dingin, Anda bisa mencoba untuk meminta perpindahan tempat ke yang sedikit lebih hangat. Konsumsilah makanan hangat untuk meningkatkan suhu badan. Bagaimana dengan pakaian Anda? Pakailah pakaian yang menutup badan untuk mengurangi paparan dingin terhadap kulit Anda. Selain itu juga perlu diperhatikan kemungkinan penyebab yang lain. Anda mungkin perlu memeriksakan kesehatan gigi Anda karena infeksi gigi yang tersembunyi juga dapat menyebabkan urtikaria.

Pada dasarnya pengobatan alergi ditujukan untuk mencegah terjadinya gejala alergi, dan sebenarnya untuk mencegah gejala alergi yang paling efektif adalah dengan mengendalikan pencetusnya. Anda dapat mengkonsumsi obat anti alergi seperti CTM, loratadin, atau cetirizin. Anda tidak perlu khawatir, obat ini aman dikonsumsi saat menstruasi. Hindari kebiasaan menggaruk karena akan membuat kulit semakin gatal dan menyebabkan iritasi.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar