Sukses

Haid Tidak Teratur, Ingin Hamil?

29 Jun 2018, 17:06 WIB
Wanita, 31 tahun.

Dok, saya baru menikah selama satu tahun, namun belum dikaruniai keturunan... Mens saya tdk teratur datangnya... Sometimes perut sakit (dilepen)... Hubungan suami-istri rutin dok, durasinya hampir setiap hari.. paling lama 2hr sekali... Kecuali klo saya mens.. Namun blm juga positif hamil... Bagaimana agar kami segera mendapatkan keturunan dok?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Haid Tidak Teratur, Ingin Hamil? melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Siklus haid yang normal berkisar antara 21-35 hari. Tidak jarang juga ada yang memiliki siklus haid lebih panjang yaitu 40 hari sehingga bisa tidak haid dalam 1 bulan. Namun, tetap teratur 40 hari sekali.

Haid tidak lancar disebabkan oleh banyak hal. Secara umum, terjadi perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron yang mengganggu pola normal haid Anda. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

Menggunakan KB spiral (IUD)Menggunakan pil KB atau obat-obatan tertentuOlahraga yang berlebihanMemiliki kondisi sindrom ovarium polikistik (PCOS)Sedang hamil atau menyusuiStress psikologisGangguan hormon tiroid (Hipertiroid)Penebalan dinding rahim atau polip dalam rahimTerdapat mioma dalam rahimBerat badan terlalu berlebih atau terlalu kurus

Wanita yang haidnya tidak teratur tetap dapat hamil, namun memang prosesnya lebih sulit. Ini dikarenakan penentuan masa subur menjadi lebih susah.

Bila dengan cara-cara di atas masih tetap sulit untuk hamil, sebaiknya Anda dan suami menjalani pemeriksaan organ kandungan dan tes kesuburan. Untuk Anda, dapat dilakukan pemeriksaan hormon reproduksi seperti kadar progesteron dan estrogen, atau pemeriksaan Anti-Mullerian Hormone (AMH) untuk melihat apakah jumlah sel telur Anda sesuai dengan usia biologis Anda. Umumya pemeriksaan-pemeriksaan ini dilakukan oleh dokter kebidanan konsultan fertilitas (SpOG-KFER).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Haid Tidak Teratur, Ingin Hamil?. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar