Sukses

Kaki Memar Akibat Benturan

29 Jun 2018, 13:02 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dokter, siang hari ayah saya kaki nya lebam karna keserempet buah sawit. Nah sore nya dia demam. Apa ada kaitannya dokter dengan lebam itu? Bagaimana cara menangani lebam nya. Atau lebih baik di bawa ke rumah sakit?

Terima kasih telah bertanya tentang kaki memar melalui fitur Tanya Dokter.

Yang Anda alami adalah cedera pada jaringan lunak di kaki dan sekitar jari jempol kaki yang menyebabkan memar/lebam. Cedera pada yang Anda alami jelas terjadi akibat benturan/trauma. 

Untuk mengatasi memar dan nyeri yang timbul, lakukan "RICE", yaitu:

Rest. Istirahatkan kaki Anda sebisa mungkin, jangan berikan beban/aktivitas yang berlebihan.Ice. Gunakan kompres es batu yang dibungkus handuk selama 20 menit, beberapa kali sehari. Compression. Untuk mencegah bengkak dan memar yang berlebihan, gunakan perban elastis atau kassa steril dibalut di sekitar jari.Elevation. Untuk mengurangi bengkak, elevasi/angkat daerah yang cedera agar lebih tinggi dari jantung pada saat Anda istirahat. Ganjal kaki Anda (di bagian pergelangan kaki) dengan bantal agar letak jari kaki lebih tinggi dari jantung.Anda dapat pula mengonsumsi obat seperti ibuprofen untuk mengurangi bengkak dan nyeri. Jika Anda khawatir tulang jari manis kaki patah, kami anjurkan untuk melakukan rontgen kaki.

Jika ini murni hanya memar saja, memar akan menyembuh dalam waktu kurang lebiih 7-10 hari. Warnanya akan berubah seiring proses penyembuhannya. Bermula dari warna merah - biru keunguan - dan kelamaan akan menguning.

Namun demikian, bila yang ditakutkan terjadi patah tulang, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter dan melakukan rontgen kaki.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar kaki memar. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar