Sukses

Mandi Saat Cacar

29 Jun 2018, 01:01 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok apa bener bisa yang terkena penyakit cacar air boleh mandi? Kalau bisa fast respon ya dok soalnya saya udah 3 hari gk mandi dok gara gara kata orangtua gk boleh mandi

Terima kasih telah bertanya tentang Mandi Saat Cacar melalui fitur Tanya Dokter

Cacar air atau Varicella simplex, suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster (silahkan klik link "cacar air" untuk penjelasan lebih detail). Penyakit ini disebarkan secara aerogen atau melalui udara. Pada permulaannya, memang penderita akan merasa sedikit demam, pilek, cepat merasa lelah, lesu, dan lemah. Kemerahan pada kulit pada cacar air lalu berubah menjadi lenting berisi cairan dengan dinding tipis. Masa inkubasi virus varicella zooster adalah 10-21 hari jadi setelah terinfeksi oleh virus, maka gejala cacar air dapat muncul 10-21 hari kemudian.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi banyaknya lesi kulit. Pemberian antivirus seperti acyclovir dapat diberikan pada tiga hari pertama timbulnya lesi kulit atau jika lesi masih bertambah banyak. Pemberian antigatal atau bedak seperti bedak salisil untuk membuat lesi kulit kering.

Namun untuk mendapatkan obat virus ini diperlukan pemeriksaan langsung terlebih dahulu oleh dokter.  Biasanya virus cacar air akan infeksius 1-2 hari sebelum munculnya lesi pada kulit dan hilang saat lesi kulit sudah tidak timbul yang baru lagi (lesi kulit sudah berbentuk krusta/sudah tidak mengelembung) biasanya 1 minggu setelah muncul lesi pertama. Jadi biasanya sekitar 1 minggu setelah munculnya lesi kulit pertama kali, Anda sudah tidak infeksius.

Menjaga kebersihan kulit merupakan salah satu faktor yang penting untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder, untuk itu seorang penderita cacar tetap perlu mandi. Mandi sebagai salah satu cara untuk menjaga kebersihan kulit memang banyak diperdebatkan, namun mandi adalah kegiatan yang penting untuk mencegah datangnya infeksi lain (infeksi bakteri yang disebut infeksi sekunder) yang justru menambah gangguan pada kulit Anda. Yang terpenting, jangan gosok terlalu keras hingga lesi pecah. Kemudian untuk lesi yang belum pecah diberi bedak untuk menghindari agar tidak memecah, dan memperkuat permukaan lesi, apabila sudah memecah untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder bisa diberi salep antibiotik. Untuk mempercepat penyembuhan Anda bisa mengkonsumsi makaan yang bergizi, seperti sayuran dan buah-buahan, dan gizi yang seimbang serta istirahat yang cukup. 

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait Mandi Saat Cacar. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar