Sukses

Tatalaksana Mata Silinder

29 Jun 2018, 00:31 WIB
Pria, 15 tahun.

malam dok. saya mau tanya. Mata saya sebenarnya silinder karena waktu kecil saya sering nonton TV sambil tiduran akan tetapi saja sudah tidak melakukannya lagi. sekarang saya masih suka nonton TV tetapi sudah tidak sambil tiduran & saya jarang main game, Tapi kenapa ya silinder saya gak bisa sembuh-sembuh. Apakah bisa karena faktor keturunan? karena ayah saya matanya minus & herannya lagi Adik saya yang sering main game itu belum memakai kacamata. Tolong dijelaskan dok. Trimakasih.

Terima kasih telah bertanya tentang Tatalaksana Mata Silinder melalui fitur Tanya Dokter

Silinder pada mata, atau dalam bahasa kedokteran disebut astigmatisme. Astigmatisme adalah kondisi di mana bentuk permukaan mata yang disebut kornea atau lensa mata yang terletak lebih dalam, memiliki perbedaan kelengkungan pada permukaannya.

Mata normal akan memiliki permukaan yang merata pada setiap arahnya, namun pada astigmatisme terdapat beberapa daerah pada permukaan yang sebagian rata atau cenderung dalam. Ibaratkan seperti telur atau bola rugby (normalnya seperti bola). Keadaan ini menyebabkan sinar yang masuk ke mata akan dibiaskan tidak pada satu titik fokus sehingga objek yang dilihat adalah tidak jelas dan berbayang. Pada umumnya, astigmatisme terjadi sejak lahir dan sebagian lainnya karena trauma, penyakit atau riwayat operasi pada mata.

Untuk mengatasinya dapat diberikan bantuan kacamata lensa silinder. Pemberian kacamata lensa silinder memang tidak bersifat merubah bentuk bola mata yang sudah ada, tetapi membantu agar sinar yang masuk ke mata menjadi dibiaskan pada satu titik fokus dan kemudian objek yang dilihat menjadi jelas. 

Silinder dapat diobati dengan bedah refraktif LASIK, yaitu dengan cara merubah kelengkungan yang tidak rata menjadi rata. Untuk itu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis mata yang menawarkan penanganan astigmatisme dengan bedah refraktif LASIK.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait Tatalaksana Mata Silinder. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar