Sukses

Luka Bernanah di Dekat Anus

28 Jun 2018, 20:32 WIB
Pria, 35 tahun.

selamat pagi dok, saya penggemar olahraga sepeda, namun karena saat bersepeda tidak menggunakan pad pelindung sadel, menyebabkan adanya luka lecet maaf dibagian mulut dubur, sudah beberapa lama luka tersebut saya coba obati dengan cairan antiseptik povidine iodine namun tak kunjung sembuh, malah belakangan sering mengeluarkan nanah, bagaimana agar luka saya tersebut dapat segera sembuh dok, terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sayangnya informasi yang diberikan masih sangat terbatas, namun kami menduga bahwa luka tersebut merupakan suatu abses perianal (abses di daerah sekitar anus). Abses adalah rongga abnormal pada bagian tubuh tertentu yang berisi nanah akibat infeksi. Pada beberapa orang bahkan terjadi abses berulang. Prinsip terapinya adalah dengan mengalirkan nanah tersebut (misalnya dengan membuat sedikit luka untuk mengeluarkan nanah), dan meminum antibiotik secara teratur. Namun tidak jarang juga terbentuk sebuah saluran permanen yang menghubungkan anus, atau rongga abses ke kulit (mencapai 50% pasien dengan abses). Untuk itu, pemeriksaan langsung sangat penting.

Bila telah terjadi saluran permanen ini  (biasa juga disebut fistel), maka biasanya nanah yang keluar tidak kunjung berhenti. Sebaiknya Anda mengunjungi dokter secara langsung agar dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh dan lengkap.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar