Sukses

Cara Mengatasi Depresi
28 Jun 2018, 19:30 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat Sore Dok, saya mau tanya, dulu saya pernah depresi berat, saat usia saya 13 tahun, awalnya sering merasa sakit kepala berulang kali pingsan dan akhirnya masuk rumah sakit, saat diperiksa mulai dari rekam otak dan lain lain tidak ada masalah apa apa, dan dinyatakan depresi, karna memang sebelumnya banyak masalah keluarga dan ada didalam keadaan keluarga yang cukup rumit, tetapi sampai skrg saya semakin mmenjadi, mulai dari tidak bisa menahan mood saya terkadang tiba tiba menangis tanpa ada alasannya , sedih, lalu gelisah, kadang emosi atau marah. dan saat sudah mulai lelah karna tidak tau apa yang membuat mood saya gampang berubah tidak jarang saya mulai menyakiti diri saya sendiri untuk mencari sesuatu yang bisa membuat saya lega. mohon solusinya terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar depresi menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kegelisahan yang Anda rasakan. Depresi adalah suatu keadaan umum dimana terjadinya pengurangan atau penurunan keadaan emosi dan mood dari seorang yang mengakibatkan gangguan di dalam aktivitasnya sehari-hari.

Gejala depresi dapat berupa:

  1. Hilangnya minat atau keseangan yang jelas pada semua aspek atau hampir semua aspek sepanjang hari hampir setiap hari.
  2. Penurunan berat badan yang bermakna, padahal tidak melakukan diet atau olahraga yang rutin.
  3. Gangguan tidur
  4. Kelelahan atau hilangnya energi tiap hariPerasaan tidak berharga atau perasaan bersalah yang berlebihan atau tidak tepat.
  5. Hilangnya kemampuan untuk berpikir atau memutuskan sesuatu.

Bila Anda sering murung, kinerja menurun, sulit berkonsentrasi, sulit tidur dan makan, dan bahkan muncul keinginan untuk menyakiti diri hingga bunuh diri. Itu artinya depresi sudah mulai menyerang.

Jika Anda ingin terhindar dari hal mengerikan tersebut, ini yang perlu dilakukan:

  1. Sempatkan diri untuk melakukan hobi Anda.
  2. Jadwalkan hari libur rutin dan manfaatkan waktu cuti untuk melakukan hal yang menyenangkan.
  3. Mencari akar masalah yang Anda hadapi. Kemudian, segera cari jalan keluarnya.
  4. Prioritaskan waktu Anda bersama keluarga atau orang yang Anda sayangi.
  5. Merenung, berdoa, atau beribadah pada Sang Pencipta merupakan cara terbaik untuk melepaskan diri dari stres berkepanjangan.
  6. Coba cari teman atau saudara terdekat yang dapat Anda percaya untuk diajak berkomunikasi, luahkan semua isi perasaan Anda, agar beban pikiran terasa lebih ringan.

Pengobatan pasien dengan depresi harus tepat pada sasarannya, yakni keamanan dari pasien harus terjamin, pemeriksaan diagnostik yang lengkap harus dilakukan, yang ketiga adalah rencana pengobatan harus secara menyeluruh, bukan hanya mengatasi gejala tetapi juga mengatasi penyebab dari depresi itu sendiri. Untuk lamanya penggunaan obat Antidepresan tergantung dari keparahan kondisi pasien.

Kami menyarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis psikiatri. Sementara itu, cobalah untuk menceritakan masalah Anda kepada teman dekat. Bantuan atau dukungan teman sangat berarti dalam menghadapi segala masalah yang sedang Anda hadapi.

Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar