Sukses

Sesak Napas Jika Tidak Pemanasan saat Berolahraga

28 Jun 2018, 19:13 WIB
Pria, 55 tahun.

Dokter kalo sy jalan pagi langsung agak cepat di dada terasa sesak spt kurang oksigen ( tdk nyeri ) tetapi kalo jalan mulai pelan dan stlh tubuh agak panas baru cepat tdk merasa sakit di dada , kira2 kenapa ya , terima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar sesak napas saat beraktivitas menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Saat olahraga tubuh membutuhkan lebih banyak asupan oksigen dan memproduksi lebih banyak karbondioksida. Oleh sebab itu, teknik bernapas yang tepat sangat dibutuhkan. Selain itu, intensitas saat melakukan olahraga sebaiknya dinaikan perlahan dari ringan ke sedang baru ke berat sehingga tubuh dapat melakukan penyesuaian. Jika secara mendadak melakukan aktivitas dengan intesitas yang berat secara mendadak  dapat membuat sesak napas akibat pasokan oksigen yang tidak mencukupi kebutuhan.

Ketika berolahraga, kebutuhan oksigen menjadi lebih banyak, sehingga teknik pernapasan perut atau diafragma menjadi lebih tepat dibandingkan dengan pernapasan dada. Oksigen merupakan bahan bakar untuk metabolisme aerob yang dibutuhkan tubuh saat menjalani olahraga tipe kardiovaskular seperti berlari. Tipe pernapasan perut ini juga bisa membuat tubuh menjadi lebih relaks.

Namun, sesak napas saat beraktivitas juga bisa disebabkan oleh penyebab lain seperti gagal jantung ataupun adanya penyakit asma.

Untuk memastikannya dibutuhkan pemeriksaan langsung oleh dokter , Oleh sebab tu, kami sarankan Anda memeriksakan kondisi Anda ke dokter spesialis penyakit dalam jika keluhan bertambah berat. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar