Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Menentukan Ayah dari Bayi yang Dikandung

28 Jun 2018, 17:26 WIB
Pria, 27 tahun.

dok saya mau nanya, teman saya hamil karena diperkosa, tapi dia diperkosa dalam keadaan tidak sadar atau pingsan, dan dia baru menyadari kehamilan nya waktu udah 5 bulan, apakah bisa ditemukan pemerkosa nya ?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Menentukan Ayah dari Bayi yang Dikandung melalui fitur Tanya Dokter.

Apakah wanita tersebut memiliki siklus haid yang teratur setiap bulannya selama 6 bulan belakangan? Karena masa subur seseorang bisa berbeda - beda tergantung siklus haid nya. 

Untuk memastikannya dapat dilakukan tes DNA. Tes DNA dapat dilakukan sejak hamil muda, yaitu saat kehamilan trimester pertama. Tes DNA yang dilakukan sebelum bayi dilahirkan disebut dengan tes DNA prenatal. Ini merupakan tes untuk mengetahui ayah biologis/kandung dari janin tersebut.

Tes DNA prenatal membutuhkan 3 bahan, yaitu DNA ayah, DNA ibu, dan DNA janin. DNA ayah dan ibu bisa diambil dari darah atau usapan lendir dinding mulut. Sedangkan DNA janin diambil dari cairan amnion (ketuban) melalui amniosentesis yang mengandung sel-sel janin atau jaringan dari plasenta (ari-ari) melalui prosedur chorionic villus sampling (CVS).

Perlu diketahui bahwa tes DNA prenatal merupakan isu yang sensitif karena banyak pertimbangan etika dan moral, termasuk risiko tes itu sendiri terhadap ibu hamil dan janin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Menentukan Ayah dari Bayi yang Dikandung. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar