Sukses

Gigi Sakit Bekas Tambalan

28 Jun 2018, 10:37 WIB
Pria, 28 tahun.

gigi bagian saya sakit mungkin dari bekas tambalan dulu,sakit gigi sampai membuat bibir atas bengkak,dan jika minum air dgn suhu biasa itu dari langit2 mulut terasa sakit,minum panas pun sama,jadi harus yg hangat kuku itu knp ya dok,,bisa dibantu terima kasih

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Mungkin yang anda maksud adalah gigi depan bagian atas. Bila ya, berdasarkan dari keterangan anda, kemungkinan tambalan mengalami kebocoran sehingga bakteri dapat masuk kembali melalui kebocoran tersebut, dan menyebabkan infeksi kembali terjadi di bawah tambalan yang disebut karies sekunder. Akibatnya timbul rasa nyeri bila gigi terkena rangsangan misalnya makanan atau suhu panas/dingin.

Bila karies sudah berlanjut hingga ke ruang pulpa, rasa nyeri yang timbul terjadi secara spontan meski tidak ada rangsang. Infeksi dapat terus merambat ke saluran akar, hingga ke bawah akar dan menyebabkan terjadinya periodontitis (peradangan jaringan periodontal/pendukung gigi). Gejalanya rasa sakit pada gigi yang bersangkutan bila gigi diketuk atau berkontak dengan gigi lawan atau saat mengunyah makanan terutama makanan keras.

Bila memang demikian maka solusinya tidak bisa sekedar ditambal ulang tapi gigi itu harus dirawat saluran akar terlebih dulu. Perawatan ini biasanya membutuhkan lebih dari satu kali kunjungan, jadi supaya perawatan berhasil pasien harus disiplin dalam memenuhi kunjungan yang telah dijadwalkan oleh dokter. Baru setelah itu gigi dibuatkan restorasinya, biasanya mahkota tiruan.

Untuk memastikannya segera berkonsultasi dengan dokter gigi anda. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan secara klinis untuk menentukan perawatan selanjutnya.

Demikian informasi yanbg dapat diberikan, terima kasih.

0 Komentar

Belum ada komentar