Sukses

Pencabutan Gigi Yang Tidak Dijahit

28 Jun 2018, 09:51 WIB
Wanita, 22 tahun.

Pagi dok saya mau tanya kemarin saya jabut gigi di klinik dekat rumah cabut gigi geraham terakhir awalnya sih dokternya nyaranin buat di rujuk ke rumah sakit umum di daerah ku cuma kemarin dia bilang di coba dulu di sini ya klo ngga bisa/masih keras rujuk aja ngmgnya sih gigi geraham sebelah kanan saya masih kuat akarnya tapi setelah dia coba bius lokal antara 1jam lebih dia berhasil cabut gigi geraham saya itu juga dengan keringat yg bercucuran setelah itu saya di du suruh gigit kapas dan harus ganti kapasnya stelah sampai rumah di beri betadine dan sesampainya saya du rumah saya mau ganti kapasnya ternyata gusi saya bolong lumayan besar ternyata tidak di jahit dok dan itu menurutku seram sekali(maklum pertama kali cabut gigi) dan sampai sekarang darah itu masih mengalir dengan segar. Pertayan saya dok gimna mengatasi darah yang masih mengalir deras agar cepat berhenti??? Dan apakah tidak berbahaya gusi saya bolong tidak di jahit??dan apakah gusi yg bolong ini akan menutup lagi Dan perlukah mengati kapan setiap 1hari sekali? Kira kira proses pengembuhanya membutuhkan waktu brp lama ya dok? Terimakasih

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran anda. Tahap akhir dari pencabutan gigi geraham bungsu adalah penjahitan gusi untuk menutup luka bekas pencabutan. Jika ternyata tidak terjahit atau jahitan lepas maka tidak perlu panik. Anda harus tetap menjaga agar makanan tidak masuk ke socket / lubang bekas cabutan gigi. Cara untuk meminimalisasinya adalah dengan mengunyah disisi yang sebrangnya, hindari makanan yang keras, tajam seperti keripik, gorengan. Jika ada yang masuk ke dalam lubang maka anda bisa kumur ringan dengan air hangat, jangan berkumur terlalu kencang, karena dapat membuat bekuan darah ikut lepas.

Yang harus anda lakukan adalah mengikuti instruksi yang diberikan pasca pencabutan gigi, yaitu :

1. Hindari minuman dan makanan panas.

2. Terlalu banyak meludah. Pasien terkadang risih karena terasa banyak darah di dalam mulut dan biasanya ingin diludahkan. Darah yang keluar sebaiknya ditelan saja. Agar bekuan darah yang sudah terbentuk tidak ikut terbuang.

3. Minum dengan sedotan.

4. Tidak berkumur terlalu keras. Berkumur saat sikat gigi atau berwudhu tetap dapat dilakukan namun tidak perlu terlalu keras.

5. Tidak memain-mainkan atau menyenggol luka bekas pencabutan dengan lidah.

6. Tidak Merokok. Tahan diri untuk tidak merokok minimal 1x24 jam setelah pencabutan.

proses penyembuhan luka paska pencabutan memang membutuhkan waktu yang cukup lama sampai luka benar-benar tertutup gusi dengan sempurna. Lama penyembuhan luka paska pencabutan dari penutupan gusi sampai pertumbuhan tulang (remodelling) bisa sekitar 4-10 minggu.

Demikian informasi yang dapat diberikan, terima kasih.

0 Komentar

Belum ada komentar