Sukses

Penyakit Rematik

27 Jun 2018, 19:05 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dok, saya mau tanya ttg sakit ibu saya di bagian kaki. Setiap pagi telapak kaki ibu saya selalu sakit sehingga butuh waktu utk bisa langsung bangun dr tempat tidur. Saat naik tangga dan berjalan lama juga tidak kuat. Sudah konsultasi dokter dan dibilang ada rematik. Sakit yang paling keras di bagian tumit. Ada solusi pengobatan atau terapi utk ibu saya kah dok? Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Artritis Reumatoid (AR) atau rematik adalah suatu penyakit otoimun sistemik yang menyebabkan peradangan pada sendi. Dengan berjalannya waktu, dapat terjadi erosi tulang, destruksi (kehancuran) rawan sendi dan kerusakan total sendi. Akhirnya, kondisi ini dapat pula mengenai berbagai organ tubuh.

Gejala dan tanda dari AR dapat dilihat sebagai berikut :

  • Nyeri sendi
  • Pembengkakan sendi
  • Nyeri sendi bila disentuh atau di tekan
  • Tangan kemerahan
  • Lemas
  • Kekakuan pada pagi hari yang bertahan sekitar 30 menit
  • Demam
  • Berat badan turun

Artritis reumatoid biasanya menyebabkan masalah dibeberapa sendi dalam waktu yang sama. Pada tahap awal biasanya mengenai sendi-sendi kecil seperti, pergelangan tangan, tangan, pergelangan kaki, dan kaki. Dalam perjalanan penyakitnya, selanjutnya akan mengenai sendi bahu, siku, lutut, panggul, rahang dan leher.

 

Tidak ada diet khusus untuk penderita artritis reumatoid dikarenakan penyebabnya yang autoimun. Tetapi ada makanan yang dapat mencegah peradangan pada artritis seperti ikan yang kaya akan omega-3 sehingga dapat menurunkan kadar inflamasi/peradangan dalam darah, selain itu juga perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang kaya antioksidan seperti stroberi, anggur, jeruk, bayam.

Cobalah untuk berolahraga minimal 3x/minggu, masing-masing sesi dilakukan minimal 30 menit. Nyeri sendi dapat dikurangi dengan mengkonsumsi obat anti nyeri seperti paracetamol, ibuprofen, natrium diklofenak, aspirin. Namun obat tersebut tidak boleh digunakan sembarangan dan berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping. Kami sarankan agar ibu anda memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah tulang agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan mendapat terapi yang tepat. Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar