Sukses

Mata Minus

27 Jun 2018, 18:03 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok saya mau bertanya. Saya sudah berkacamata minus sejak dari awal SMP. Namun semakin kesini semakin buram melihat. Bagaimana solusinya dok? Bolehkah berobat ke pengobatan alternatif dok? Terima Kasih

Terimakasih telah bertanya mengenai miopia melalui fitur Tanya Dokter.

Rabun jauh disebut juga dengan miopia. Tanda yang paling jelas pada kondisi ini ialah buram atau penurunan tajam penglihatan saat melihat objek yang jauh. Berat ringannya miopia dapat diperiksa secara manual dengan diagram Snellen atau secara otomatis dengan mesin.

Secara umum, pada mata yang minus, sistem optik terlalu 'kuat' dalam membiaskan cahaya sehingga bayangan jatuh di depan retina. Ini terjadi karena kornea, lensa mata terlalu cembung, atau bola mata terlalu panjang.

Miopia ada yang bersifat diturunkan ada yang tidak. Yang bersifat diturunkan biasanya lebih berat dan perburukannya cepat. Derajat beratnya miopia dibagi menjadi berikut;

  • Miopia rendah (<-3.00)Miopia sedang (-3.00 s/d -6.00)
  • Miopia berat (> -6.00)

Bila Anda merasa memiliki mata minus, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter mata. Miopia dapat dicegah perburukannya dengan koreksi tajam penglihatan yang sesuai, bisa dengan kacamata atau lensa kontak.

Andapun perlu menjalani gaya hidup sehat bagi mata, seperti mengatur jarak baca 40 - 45 cm dengan cahaya yang cukup, mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer, serta makan makanan yang banyak mengandung vitamin A. 

Sedangkan satu-satunya cara untuk mengurangi minus adalah dengan tindakan bedah refraktif pada kornea mata, yaitu dengan keratotomi radial, keratotomi fotorefraktif, atau Laser Asissted In situ Interlamelar Keratomilieusis (LASIK), dan yang terkini ReLEx SMILE.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar miopia. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar