Sukses

Perawatan Orthodonti Karena Bentuk Rahang Bawah Lebih Maju

27 Jun 2018, 12:25 WIB
Wanita, 17 tahun.

Halo dok, saya ingin bertanya apakah saya dapat melakukan pemasangan dan perawatan behel tapi gigi saya berlubang dan tidak lengkap, alasan saya ingin memasang behel karena bentuk rahang bawah gigi saya lebih maju dari pada rahang atas gigi saya, bagaimana itu dok?

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya dokter.

Perawatan orthodonti bertujuan untuk memperbaiki oklusi atau hubungan gigit antara gigi atas dan bawah, memperbaiki posisi gigi yang tidak normal seperti pada gigi gingsul hingga didapat hubungan gigi geligi yang harmonis di dalam lengkung rahang yang normal, dengan demikian dengan sendirinya estetika wajah pasien akan lebih baik daripada sebelum perawatan.

Seluruh gigi-geligi pasien diperiksa secara seksama, jika ada yang perlu mendapatkan perawatan (misalnya penambalan atau pembersihan karang gigi) maka harus dirawat terlebih dulu sebelum dilakukan pemasangan kawat. Lalu gigi pasien harus dicetak agar dapat dilakukan model/duplikat gigi. Duplikat ini diperlukan untuk menganalisa kebutuhan ruang dan melakukan rencana perawatan. Selain itu perlu dilakukan foto rontgen (ada dua foto, yaitu panoramik dan cephalometri). Foto ini penting, untuk membantu analisa kebutuhan ruang dan menilai posisi gigi terhadap tulang rahang sehingga dapat menunjang rencana perawatan. Guna memastikan terapi terbaik bagi kondisi gigi Anda maka dibutuhkan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi atau dokter gigi spesialis orthodonti.

Demikian informasi yang dapat diberikan, terima kasih.

 

0 Komentar

Belum ada komentar