Sukses

Gigi Berlebih

27 Jun 2018, 11:34 WIB
Wanita, 28 tahun.

dok,sya mau bertanya.sya bermasalah dgn gigi dpn sya.krn ada gigi kecil yg tumbuh diantara gigi dpn.jd membuat saya tdk prcya diri dok.dlu wktu usia 4th ada gigi numbuh digusi dpn atas,SMA bpak dicabut ke dokter.tp knp gigi susu abiz mlah ada gigi numbuh kcil diantara gigi dpn.misal gigi tengah dicabut apa gigi dpn bsa nyambung ga dok.mohon solusinya...terima kasih

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur tanya Dokter.

Seperti penjelasan yang anda sampaikan kemungkinan besar anda mengalami supernumerary teeth atau gigi berlebih. Supernumerary teeth merupakan gigi yang tumbuhnya melebihi jumlah total gigi normal. Gigi ini dapat menyebabkan susunan gigi-geligi yang terlalu berjejal. Tak jarang kondisi ini malah dapat menghambat pertumbuhan gigi di sebelahnya. Supernumerary teeth lebih sering ditemukan pada gigi permanen dibanding gigi susu. Penderita kelainan gigi ini memiliki kesempatan 30-50% untuk mengalami hal yang sama pada gigi permanennya.Penentuan diagnosis supernumerary teeth atau gigi berlebih dapat dilakukan melalui pemeriksaan klinis. Namun terkadang kasus kelainan gigi ini memerlukan pemeriksaan radiografik dental atau panoramik. Tujuannya untuk memastikan jumlah gigi memang melebihi jumlah normal.

Gigi berlebih lebih sering terjadi pada rahang atas dibandingkan rahang bawah. Supernumerary teeth ini dapat terbentuk di berbagai bagian rahang, yaitu pada daerah gigi insisif depan atas (disebut juga mesiodens), di sebelah gigi molar (disebut juga paramolars), di bagian paling belakang dari gigi molar terakhir (disebut juga distomolars), atau di sebelah gigi premolar (disebut juga parapremolars). Kelainan yang paling sering dijumpai adalah mesiodens.

Penyebab supernumerary teeth masih belum diketahui dengan pasti. Salah satu teori yang banyak dikemukakan adalah adanya dikotomi pada benih gigi. Teori lain memperkirakan bahwa supernumerary teeth dipengaruhi oleh faktor genetis.

Penangan terhadap supernumeray teeth akan dilakukan oleh dokter gigi bergantung pada tingkat keparahan kelainan. Biasanya, tindakan yang umum dilakukan adalah berupa prosedur pencabutan gigi yang berlebih. Pada beberapa kasus juga bisa dilakukan prosedur pembedahan.

Gigi depan yang renggang bisa dilakukan perawatan orthodonti. Namun waktu yang yang dibutuhkan bergantung dari derajat keparahan dan kerjasama pasien. Sebaiknya anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi spesialis orthodonti.

 

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat.

 

2 Komentar

  • Ihf******yster Gates

    dok gigi saya tumbuh gk pada tempatanya umur saya sekarang 22 tahun mau nyabut bisa gk dok? mksih

  • yuv****

    dok saya mau bertanya.. tumbuh nya gigi saya di gusi kana bawah dan di ujung dalam, sehingga membuat lapisan pipi dalam saya menjadi sobek sedikit dan membuat rasa sakit seperti sariawan.. apakah itu tidak apa apa??