Sukses

Pembuatan Gigi Palsu

27 Jun 2018, 11:13 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat siang dok saya mau bertanya gigi saya yg geraham pertama copot 2 bila ingin menggunakan gigi palsu sebaiknya gigi palsu yg seperti apa ya dok? Terimakasih

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Terdapat 2 jenis pilihan gigi tiruan, yaitu gigi tiruan cekat  ( gigi tiruan yang tidak bisa dilepas pasang sendiri) dan gigi tiruan lepasan. Gigi tiruan cekat umumnya terbuat dari bahan porcelen atau ceramic, keuntungannya estetiknya baik, warna gigi yang dapat sesuai dengan warna gigi asli, warna tidak akan berubah dalam jangka waktu yang lama sedangkan untuk kekurangannya harga yang relatif mahal dan perlu pengasahan pada gigi sebelahnya.

Untuk tipe gigi tiruan lepasan umumnya terbuat dari bahan akrilik. Kerugian dari bahan ini adalah warna gigi lama kelamaan akan memudar sehingga akan berbeda dari warna gigi aslinya, cengkram kawat lama kelamaan akan membuat gigi menjadi terkikis. Keuntungannya harga lebih terjangkau dan kebersihan gigi tiruan ini baik karena gigi palsu dapat dilepas pasang dan dibersihkan setiap hari. Selain itu ada jenis gigi tiruan yang dapat dilepas pasang terbuat dari bahan valplast. Valplast tidak memkai komponen cengkram kawat pada lengannya sehingga nilai estetiknya lebih baik dan bersifat lebih lentur dan lebih fleksibel. Kekurangan dari bahan valplast ini adalah bisa menurunkan dan mengiritasi gusi karena daya cengkram valpast ke gusi sangat kuat.

Sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter gigi untuk mendapatkan penjelasan mengenai perawatan apa yang tepat sesuai dengan kondisi gigi  anda, akan lebih baik lagi jika anda berkonsultasi ke dokter gigi spesialis gigi palsu (prosthodonti) yang khusus menangani masalah gigi tiruan.

 

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar