Sukses

Gusi Gampang Berdarah Ketika Sikat Gigi

27 Jun 2018, 09:14 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok... Mau konsultasi mengenai gusi.. Setau saya gusi yang sehat itu warna pink ya... Saya pribadi bukan perokok, tiap malam habis gosok gigi selalu pakai dental floss, cuma gusi saya keliatan sedikit merah dan gampang berdarah klo sikat gigi terkena gusi. Kondisi saya seperti ini apa bs ke dokter gigi umum ato harus ke spesialis periodontis? Klo boleh tau, jenis perawatan spt apa yg bakalan di lakukan?? Terima kasih sebelumnya

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Benar, gusi yang sehat adalah gusi yang berwarna merah muda. Gusi yang memiliki gangguan umumnya berwarna merah atau putih bahkan disertai keluarnya darah saat menggosok gigi. Penyebabnya adalah plak pada gusi. Plak adalah kumpulan dari bakteri dan sisa-sisa makanan. Plak dapat dihilangkan dengan cara menggosok gigi secara tepat dan teratur. Apabila anda tidak menggosok gigi secara tepat dan teratur, plak bisa berkembang menjadi karang gigi atau gigi menjadi berlubang sehingga untuk mengatasinya diperlukan bantuan seorang dokter gigi.

Plak yang berubah menjadi karang gigi, memicu gusi menjadi berdarah saat menggosok gigi. Jika terus dibiarkan maka akan terjadi peradangan pada gusi atau gingivitis kemudian bisa menjadi periodontitis. Pada periodontitis, peradangan pada gusi bisa menyebar hingga ke jaringan penyangga dan tulang gigi. Jika peradangan dan infeksi ini terjadi, maka gigi Anda memiliki kemungkinan untuk goyah atau bahkan tanggal. Hal ini dikarenakan tulang yang membantu gigi untuk dapat berdiri kokoh telah rusak. Selain plak, gusi berdarah juga bisa dikarenakan Anda kurang hati-hati pada saat menyikat gigi sehingga terlalu keras dan melukai gusi.

Anda bisa berkonsultasi masalah ini ke dokter gigi umum, dokter gigi akan melakukan perawatan seperti pembersihan karang gigi (scalling). Namun apabila diperlukan tindakan lebih lanjut, dokter gigi akan merujuk masalah ini ke spesialis periodontist.

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar