Sukses

Solusi Lain Dalam Merapikan Gigi Selain Kawat Gigi

27 Jun 2018, 08:54 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok, apa ada opsi untuk merapikan gigi yang lebih murah selain pasang behel (kawat gigi)?

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Merapikan atau meratakan posisi gigi yang mengalami kelainan atau maloklusi tidak dapat dilakukan secara alami dan membutuhkan alat tertentu dengan bantuan dokter gigi. Dalam dunia kedokteran gigi alat yang digunakan untuk mengatasi kondisi maloklusi atau malposisi dari gigi secara garis besar dibagi 2 yaitu alat lepasan/removable dan alat fixed atau tidak dapat dilepas pasang sendiri.

Pemilihan jenis alat sangat bergantung kepada diagnosis, dan berat ringannya kasus. Biasanya pada kasus maloklusi ringan yang tidak memerlukan pencabutan, yang digunakan adalah alat orthodontik lepasan. Alat ini dapat dilepas sewaktu-waktu oleh pasien, oleh karena itu tingkat keberhasilan perawatan sangat bergantung pada kedisiplinan pasien itu sendiri.

Pada kasus yang lebih berat, digunakan alat orthodontik cekat yang pemasangan maupun pelepasannya harus dilakukan oleh dokter gigi spesialis orthodontik. Ada juga alat orthodontik cekat yang dipasang pada permukaan dalam gigi sehingga pada saat tersenyum pasien tidak terlihat menggunakan kawat gigi , biasanya terkait dengan alasan estetis dinamakan Lingual Bracket.

Pada kasus maloklusi yang melibatkan kelainan skeletal (tulang tengkorak kepala), ada kasus yang diindikasikan untuk penggunaan head gear atau facemask untuk mengendalikan pertumbuhan tulang rahang.

Pada kasus-kasus berat di mana pertumbuhan rahang atas atau bawah tidak normal atau tidak berkembang, perlu dilakukan pembedahan korektif sebelum dilakukan pemasangan alat orthodontik.

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar