Sukses

Gigi Depan Yang Berlubang

27 Jun 2018, 07:52 WIB
Pria, 23 tahun.

Assalamualaikum Wr.Wb Dok Saya Pria Dok Umur 23 Tahun Saya Ingin Bertanya Dok Saya Kan Masih Muda Dan Mempunyai Masalah Gigi Berlubang Bagian Depan Yang Tadinya Kecil merambat menjadi 6 yang ruksak bagian depan dan warnanya hitam .... Pertanyaan saya Bagaimana Solusinya dok ? apakah harus saya tambal ? dan apakah umur 23 ke atas bisa tumbuh gigi lagi ? Terima Kasih

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Biasanya, lubang yang terjadi pada gigi depan mencakup daerah bagian samping gigi yang berdekatan dengan gigi sebelahnya sampai bagian depan yang akan tampak ketika tersenyum atau berbicara. Oleh karena itu, gigi berlubang, baik pada gigi depan maupun gigi belakang, membutuhkan penanganan yang tepat dan sedini mungkin oleh dokter gigi.

Selain berupa lubang pada gigi, penyakit karies juga menimbulkan perubahan warna, yakni warna kehitaman, pada jaringan gigi yang rusak dan hal tesebut sangat mengganggu estetik bila terjadi pada gigi depan. Karenanya, dalam penanganan terkait hal tersebut oleh dokter gigi, jaringan gigi yang berwarna hitam ini harus diambil agar tampilan gigi dapat diperbaiki dengan baik.

Penambalan pada gigi depan yang berlubang akan dilakukan dengan menggunakan bahan sewarna gigi, yaitu glass ionomer kaca atau dengan tambalan komposit (tambalan yang menggunakan sinar). Penggunaan kedua jenis bahan untuk menambal gigi tersebut bergantung dari letak dan luas lubang pada gigi.

Penambalan tidak dapat dilakukan secara langsung dalam satu kali kunjungan apabila lubang gigi yang terbentuk cukup parah dan menyebabkan terbukanya kamar saraf gigi. Oleh karena itu, diperlukan kunjungan beberapa kali untuk dilakukan perawatan saluran akar gigi. Setelah melakukan hal itu, barulah gigi bisa ditambal atau dipasanagkan mahkota tiruan (crown).

Untuk umur 23 tahun keatas, gigi yang akan tumbuh adalah gigi geraham paling belakang atau biasa disebut gigi molar 3/ gigi bungsu. Biasanya gigi ini tumbuh mulai umur 18/20 tahun.

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar