Sukses

Gusi Terasa Bengkak Setelah Pencabutan Gigi

27 Jun 2018, 07:40 WIB
Wanita, 15 tahun.

Dok waktu itu gigi saya berlubang dan gusi saya bengkak. Setelah ke dokter gigi di berikan obat amoxillin dan natrium diklofenak setelah tiga hari di suruh kembali ke dokter untuk ditambal. Tapi sebelum 3 hari gigi saya patah. Tapi bengkak nya sudah mengurang, dan sudah tidak terasa sakit sedikitpun. Lalu setelah beberapa hari, lewat dari 3 hari (dokternya di waktu yang ditentukan rapat) saya kembali lagi dan diberikan obat yg sama setelah 3 hari lagi di suruh kembali. Setelah harinya dokter mencabut gigi saya, saat itu gigi saya tidak sakit sedikitpun, hanya gusi saya sedikit bengkak (kalau benar benar diperhatikan). Dan sekarang sudah tiga minggu setelah saya cabut gigi. Tapi gusi saya masih agak bengkak. Jadi apa saya harus kembali lagi ke dokter gigi? Atau ini termasuk tahap penyembuhan? Terima kasih dok

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Pencabutan gigi memang pilihan perawatan terakhir, jika perawatan lain sudah tidak mungkin dilakukan. Bisa/tidaknya gigi dipertahankan bergantung pada tingkat kerusakan yang terjadi, pada dasarnya jika batas sisa mahkota gigi masih di atas tulang alveolar (tulang yang menyangga gigi) maka gigi masih bisa dibuatkan mahkota tiruan pasak jadi tidak perlu dicabut.

Proses penyembuhan luka paska pencabutan memang membutuhkan waktu yang cukup lama, penutupan soket bekas gigi yang dicabut umumnya ditutup oleh jaringan lunak sebulan setelah pencabutan, dan kemudian tulang akan tumbuh kembali mengisi soket tersebut umumnya membutuhkan waktu hingga 6 bulan. Boleh saja menggunakan geraham disamping gigi yang baru dicabut namun perlu diperhatikan agar jangan sampai sisa makanan tersangkut di soket, dan kalaupun ada makanan yang tersangkut jangan dikorek-korek dengan alat yang tidak steril karena dapat menyebabkan luka kembali dan memperlama waktu penyembuhan luka, jadi cukup dikumur saja secara perlahan.

Idealnya, gigi yang hilang sebaiknya diganti dengan gigi tiruan, karena jika tidak maka dapat berdampak pada gigi-gigi yang lain. Gigi yang berada di dekat gigi yang hilang ( gigi sebelah maupun gigi lawan) dapat berubah posisi, dan tulang alveolar yang sudah tidak bergigi lama-lama bisa makin menurun ketinggiannya karena sudah tidak ada gigi yang disangga, akibatnya dapat merubah wajah (terlihat kempot).

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar