Sukses

Gangguan Pendengaran

26 Jun 2018, 23:50 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok saya mau bertanya, sebelumnya ibu saya pernah mengalami luka dibagian kuping. Beberapa bulan sudah sembuh tapi malah kambuh lagi,kupingnya tidak bisa merespon suara lebih cepat,alias tidak bisa mendengar kalau suara tidak keras.tapi yang dialami saat ini kupingnya tidak merasakan sakit seperti dulu. Kira" kenapa ya dok?apakah itu bisa membuat penyakit budek menjadi permanen. Mohon pencerahannya dok.

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah bertanya seputar gangguan pendengaran melalui fitur Tanya Dokter.

Gangguan pendengaran dibagi menjadi 3 jenis : pertama Tuli konduksi (di telinga luar dan tengah) disebabkan karena proses keradangan, dapat diobati dengan tindakan operasi misal : otitis media / congek, telinga tidak terbentuk. Kedua Tuli sensorineural / syaraf (di telinga dalam), biasanya tidak dapat diobati, penanganan dengan alat bantu dengar / implantasi koklea, misal : tuna rungu (sejak lahir), paparan bising. Dan ketiga adalah Tuli campuran.

Berikut adalah gejala-gejala gangguan pendengaran yang dapat terjadi:

Tidak dapat mendengar bel pintu atau alarm lainnyaMeminta orang untuk mengulangi perkataanMendengarkan musik atau menonton dengan suara yang lebih keras dari orang sekitarSering merasa lelah atau stres karena sulit mendengarkanKesulitan menentukan arah sumber suara, dllSebaiknya untuk memastikan penyebab gangguan pendengaran yang dialami Anda, konsultasikan kondisi anda ke dokter spesialis THT untuk dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan bila perlu penunjang.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai gangguan pendengaran. Semoga bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar