Sukses

Mudah Lelah Setelah Melahirkan - #249523

26 Jun 2018, 22:12 WIB
Wanita, 18 tahun.

Assalamualaikum dok... sya mau bertanya Setelah saya melahirkan anak saya badan saya sering sekali pegelll. Lutut. Pinggang. Bahu. Sering linu padahalll sya tidak beraktifitas yg berat" knpa y setiap habis rebahan kepala saya sering pusing klo berdiri pandangan burem... di sertai muall" padahal sya tidak sedang hamilll hal ini sering kali terjadi.

Terima kasih telah bertanya seputar mudah lelah setelah melahirkan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Apakah baru kali ini saja Anda sering lelah atau sudah beberapa lama? Perasaan mudah lelah dapat disebabkan oleh asupan makanan yang kurang, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, tekanan darah rendah. Perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu baru dapat mengetahui apa yang harus dilakukan. 

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dapat dimulai dari hal yang setiap hari kita lakukan, antara lain:

1. Tidur

Cukupkan dan jagalah pola tidur

Hindari begadang sebisa mungkin, apalagi jika Anda wanita.

Orang dewasa dianjurkan untuk tidur 7- 8 jam setiap harinya.

2. Kurangi pikiran mencekam atau stres

Hidup ini terlalu sebentar untuk Anda sibukkan dengan pikiran-pikiran negatif. Waktu yang Anda habiskan untuk berserius-ria, sebaiknya seimbang dengan waktu relaksasi Anda. Perbanyaklah berkumpul bersama orang-orang yang menyenangkan dan dapat memberikan energi positif pada diri anda sehingga dapat membantumengurangi stres Anda.

3. Suplemen & nutrisi

  • Vitamin D

Beberapa suplemen juga dapat dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Vitamin D terbukti dapat meningkatkan imun tubuh seseorang, oleh karenanya mengkonsumsi vitamin D baik yang berupa suplemen atau dari sumbernya langsung seperti ikan salmon dan ikan tuna sangat baik untuk tubuh.

  • Vitamin C

Selain vitamin D, vitamin C juga terbukti berperan sebagai antioksidan pada tubuh kita. Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk dan jambu biji juga dapat dilakukan.

  • Zinc

Selain kedua vitamin tersebut, suplemen zinc juga dapat membantu mwenigkatkan daya tahan tubuh. Mineral zinc sangat baik untuk menjaga kondisi saluran pencernaan kita, serta sebagian besar sistem perlindungan tubuh kita terdapat di saluran pencernaan. Jika saluran cerna bermasalah, akan memudahkan Anda untuk terserang infeksi.

Jika Anda sudah menjalani tips diatas namun keluhan tidak membaik atau makin memburuk maka kami sarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Kami tidak dapat mendiagnosis penyakit hanya melalui informasi yang sangat terbatas dan tanpa melakukan pemeriksaan fisik.

Berikut kami sertakan juga artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Rahasia Fit Setiap Hari

Waspada Gejala Mudah Lelah!

 

Demikian informasi seputar mudah lelah setelah melahirkan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar