Sukses

Pegel dan Pusing Pada Penderita Diabetes - #249512

26 Jun 2018, 19:10 WIB
Pria, 45 tahun.

Dokter, saya ingin menanyakan kenapa pada penderita diabetes terasa pegal-pegal dan kepala sakit. Apakah ada efek suntik insulin sebelum makan setiap hari..? Terimakasih, Dae yat

Terima kasih telah bertanya seputar pegel dan pusing pada penderita diabetes menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kami memahami kondisi yang Anda alami. Namun sayangnya, sulit untuk mendiagnosa penyakit hanya berdasarkan informasi yang Anda sampaikan.

Untuk mendiagnosa suatu penyakit dibutuhkan:

  • Wawancara lebih lanjut seperti: sudah berapa lamamengalami keluhan seperti ini? Bagaimana awal mulanya? Pengobatan apa sajakah yang sudah diberikan? Apakah pernah mengalami keluhan seperti ini sebelumnya? dsb.
  • Pemeriksaan fisik secara langsung
  • Pemeriksaan penunjang (jika diperlukan)

Dan yang terakhir baru disimpulkan suatu diagnosa agar kemudian ditentukan tata laksana yang lebih komprehensif.

Gejala Diabetes Gejala lainnya:

  • Pusing berputar

Perasaan pusing berputar atau gemetar bisa jadi merupakan tanda gula darah yang rendah atau hipoglikemi. Karena otak Anda membutuhkan glukosa untuk berfungsi, gula darah yang rendah berbahaya - bahkan bisa mengancam jiwa. Segelas jus buah dapat meningkatkan kadar gula darah dalam waktu singkat.

  • Tangan dan kaki bengkak

Jika Anda merupakan penderita hipertensi dan diabetes, kedua kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada kemampuan ginjal untuk membuang racun dan cairan. Ketika terdapat penumpukan cairan yang tidak dapat dibuang oleh ginjal, waspadalah mungkin ini merupakan tanda Anda memiliki penyakit ginjal.

  • Kesemutan atau baal

Kerusakan saraf (disebut juga neuropati perifer) merupakan tanda lain dari peningkatan gula darah yang kronis. Seseorang yang mengalami neuropati seringkali tidak sadar jika mereka terluka dan bahkan hingga luka tersebut terinfeksi

  • Gangguan pencernaan

Diabetes juga merusak saraf yang mempersarafi pengosongan lambung. Ketika lambung Anda tidak bisa mengosongkan secara cepat, suatu kondisi yang disebut dengan gastroparesis, maka Anda akan mengalami gejala lainnya seperti diare atau susah BAB.

  • Gangguan penglihatan

Retinopati diabetik, disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah pada mata karena kadar gula yang tinggi, merupakan penyebab kebutaan paling tinggi pada orang dewasa.

  • Sering mengalami infeksi

Infeksi yang sering dialami penderita diabetes misalnya: infeksi gigi, saluran kencing, bakteri, jamur, saluran nafas ataupun telinga.

  • Luka dan memar yang sulir sembuh

Jika gula darah Anda tidak terkontrol dengan baik, tendensi Anda untuk mengalami penyembuhan luka yang buruk dan lama akan lebih tinggi.

Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.Keluhan pegal-pegal dan sakit pada paha hingga kaki perlu ditelusuri dengan teliti apakah ada nyeri menjalar, apakah nyeri spesifik pada daerah tertentu.

Gejala yang sering ditemukan pada penderita diabetes adalah kesemutan, dimana sudah terjadi gangguan saraf yang disebut neuropati diabetes. Bagaimana dengan Anda, apakah mempunyai keluhan kesemutan?

Mengenai kadar gula darah, Anda melakukan pemeriksaan gula darah sewaktu / puasa / 2 jam puasa setelah makan? kami tidak dapat menentukan apakah termasuk nilai normal atau tidak,karena masing-masing waktu pemeriksaan memiliki nilai rujukan yang berbeda.

Demikian informasi seputar pegel dan pusing pada penderita diabetes yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar