Sukses

Cara Mengatasi Sinusitis - #249295

26 Jun 2018, 17:05 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, saya mengalami keluhan dimana saya setiap pagi selalu mengeluarkan lendir kuning kehijauan dari hidung dan tenggorokan . Tenggorokan saya pun juga sangat sakit saat mengeluarkan lendir kuning kehijauan itu. Hidung saya pun terasa mampet dan tidak nyaman dan sulit untuk bernapas. Sebelumnya saya hanya mengalami keluhan sakit di semua tulang dimuka, hidung, mata dan kepala selama hampir lebih dari 2 bulan. Dan memang keluar lendir hanya lendir putih. Saya sudah mengalami keluhan sinusitis semenjak dua tahun yang lalu. Saya sudah cek ke dokter dan ct-scan hasilnya menunjukan sinusitis maksilaris bilateral. Dua bulan ini, saya cek lagi ke dokter karena keluhannya semakin menganggu saya .Saya menjalani ct-scan lagi. Hasil dari ct-scan tersebut menunjukan bahwa saya mengalami sinusitis minimal, pembesaran konka, dan tulang hidung bengkok ke kanan. Apakah kondisi ini parah dok ? Karena hasil dari ct scan tersebut menunjukan sinusitis minimal , dokter menyatakan bahwa sinusitis saya tidak parah jadi tidak perlu tindakan operasi hanya obat nasal dan anti radang. Tetapi setelah saya minum obat tersebut. Saya mengalami keluhan keluarnya lendir kuning kehijauan tersebut dan sakit di tulang di muka, mata , hidung masih ada.

Terima kasih telah bertanya seputar mengatasi sinusitis menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Pada sinusitis terdapat lendir kental dan umumnya berbau, disertai adanya sensasi lendir yang menetes dari hidung ke kerongkongan /post nasal drip. Jika sudah terdapat lendir pada daerah hidung dan kerongkongan, tentunya Anda akan sulit bernapas, terasa nyeri pada daerah wajah, dan keluhan tidak nyaman di daerah sekitar wajah. Apakah Anda mengalami gejala ini?

Beberapa faktor yang dapat mencetuskan terjadinya sinusitis adalah:

Obstruksi mekanik, seperti deviasi septum, pembesaran konka, benda asing di hidung, polip hingga tumor di hidung. Rhinitis alergika, yang ditandai dengan sering bersin di pagi hari. Infeksi saluran pernapasan yang lama sembuhnya, Lingkungan : polusi, udara dingin dan kering. Apakah Anda sudah mengetahui penyebab sinusitis Anda? Apakah terdapat sumbatan/obstruksi mekanik seperti kelainan bentuk pada daerah hidung ataukah murni karena alergi. Jika ditemukan adanya sumbatan/obstruksi mekanik, maka harus diperbaiki kelainannya. Sedangkan jika memang dicetuskan oleh alergi, maka hindari hal-hal yang menyebabkan alergi. Jika terjadi infeksi saluran pernapasan (batuk pilek) maka harus segera diobati. Penanganan sangat bergantung pada penyebabnya. Apakah Anda sudah mengunjungi dokter?

Pencegahan kambuh kembali memang sangat ditentukan dari penanganan faktor pemicu. Bila sudah terjadi sinusitis kembali maka perlu mengunjungi dokter spesialis THT untuk pengobatan yang tepat agar tidak terjadi secara kronik dan menimbulkan komplikasi.

Berikut kami sertakan artikel yang berjudul: Sinusitis, untuk informasi lengkap Anda.

Demikian informasi seputar mengatasi sinusitis yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar