Sukses

Makan Pare Saat Hamil

26 Jun 2018, 15:46 WIB
Wanita, 30 tahun.

Usia kandungan 24 minggu bolehkah konsumsi tumis pare

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Pare aman dikonsumsi saat hamil yang penting dibersihkan dan dimasak dengan benar. Anda sudah melewati trimester pertama yang merupakan masa paling berisiko untuk bayi.

Yang terpenting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi janin dan ibu hamil adalah melalui makanan yang dimakan oleh ibu. Suplemen hanyalah tambahan. Kebutuhan kalori untuk ibu hamil lebih banyak dibandingkan sebelum hamil untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin. Yang dibutuhkan oleh ibu hamil terutama adalah:

  • Karbohidrat. Pada bulan pertama, ibu butuh kalori ekstra agar pertumbuhan janin pesat
  • Protein: Untuk memperbaiki sel-sel dan jaringan-jaringan tubuh yang rusak. Protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil lebih banyak (10 gram lebih banyak). Protein bisa didapatkan dari makanan sehari-hari seperti tempe, tahu, telur, dan daging.
  • Asam folat: untuk mendukung tumbuh kembang janin dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Sumber: bayam, tomat, jeruk, kol, selada.
  • Kalsium: berperan untuk pertumbuhan tulang dan gigi, bisa didapatkan dari susu, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.
  • Zat besi: mencegah anemia pada ibu dan mendukung pembentukan sel darah merah pada janin. Biasanya ibu hamil diberikan suplemen zat besi, sumber utama zat besi dari makanan adalah sayuran hijau (bayam).

Jika asupan gizi dan kondisi kesehatan Anda baik, maka Anda tidak perlu khawatir. Asupan terbaik untuk janin adalah makanan bergizi yang Anda makan. Suplemen yang umum diberikan adalah zat besi dan asam folat, serta vitamin B6 (untuk mual).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar