Sukses

Gatal di Daerah Bokong

26 Jun 2018, 15:30 WIB
Wanita, 20 tahun.

Kasusnya sudah 7 bulan ini saya merasakan gatal di bagian bokong. Awalnya hanya bintik kecil disekitaran bokong. Makin di garuk makin meluas, brbentuk sprti pulau dan berair. Makin lama tempatnya meluas ke area selangkangan dn menuju ke bibir vagina. Makin hari makin gatal. Sampai luka. Krn kalo digaruk mkin enak. Sdh sering ke dokter diksih salep betametason, pernah 1x smbuh, tpi dlm bbrpa hri muncul lagi. Apa yang harus sy lakukan dokter? Dan sblmnya sy juga sudah 1tahun lbih halangan beruntun tdk brhnti, 1bulan smpai 3x, dn darahnya banyk. Nmun sudah diobati, dn sdh baik tpi blm tratur haidnya. Apakah itu ada hbngnnya dokter? Dan jg skitar 1bulan kmrin sy diopname, kmudian di transfusi darah 2 kantong dngn krn hb sisa 6. Dktr dirmhskitnya bingung pndarahannya lewat mana. Stelah plg, bbrp hri ini saat sy BAB, feses sy slalu hitam. Sy pikir ini sdh lama menghitam. Krn sy jarang lihat. Apakah smua ini ada pengaruhnya dokter?

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter mengenai gatal di bokong. 

Gatal-gatal yang mengenai daerah bokong seperti yang Anda keluhkan dapat disebabkan oleh jamur dermatofita atau candida.Jamur dermatofita E.Floccosum, T. Rubrum, dan T. Mentagrophytes menyebabkan tinea kruris. Biasanya mengenai daerah selangkangan atau sisi paha atas bagian dalam, dapat terjadi di kedua paha atau di salah satu paha saja. Keluhan utama adalah rasa gatal yang dapat hebat, terlebih jika kondisi kulit berkeringat. Lesi berbatas tegas, tepi meninggi yang dapat berupa bintil-bintil kemerahan atau lenting-lenting kemerahan, atau kadang terlihat lenting-lenting yang berisi nanah. Bagian tengah menyembuh berupa daerah coklat kehitaman bersisik. Garukan terus-menerus dapat menimbulkan gambaran penebalan kulit.

Jamur lain yang sering mengenai daerah lipatan kulit, terutama ketiak, bagian bawah payudara, bagian pusat, lipat bokong, selangkangan, dan sela antar jari; adalah candida. Dapat juga mengenai daerah belakang telinga, lipatan kulit perut, dan glans penis (balanopostitis), sela jari tangan biasanya antara jari ketiga dan keempat, pada sela jari kaki antara jari keempat dan kelima. Keluhan berupa gatal yang hebat, kadang-kadang disertai rasa panas seperti terbakar dan basah.

Untuk memastikan diagnosis, kami sarankan Anda mengunjungi dokter umum atau dokter spesialis kulit untuk wawancara medis lebih mendetil, pemeriksaan fisik untuk melihat ciri-ciri lesi kulit dan pemeriksaan penunjang untuk menentukan diagnsosinya untuk menentukan pengobatan yang tepat.

Selain pengobatan, diperlukan juga menjaga agar daerah bokong kering dan tidak lembab. Mandi minimal 2 kali sehari, dan mengganti pakaian dalam bila sudah lembab. Jika anda sedang haid, sering-seringlah mengganti pembalut agar daerah vagina tidak lembab. Pengobatan untuk jamur biasanya membutuhkan waktu yang agak lama, bisa mengcapai 2-4 minggu.

BAB hitam dapat disebabkan adanya perdarahan saluran cerna atas atau karena konsumsi obat-obat anemia. Untuk mengetahui penyebab pastinya kami sarankan anda berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis penyakit dalam yang menangani anda. 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar