Sukses

Ginekomastia

26 Jun 2018, 15:23 WIB
Pria, 19 tahun.

Mohon izin dok, saya mengidap ginekomastia sejak kelas 5 SD hingga saat ini belum mengecil, dulu sakit saat disentuh sekarang sudah tidak sakit lagi, padahal badan saya ideal dan bisa dibilang sering aktif fisik, mohon solusinya. terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Keadaan payudara yang membesar pada laki-laki baik anak maupun dewasa disebut dengan ginekomastia. Ginekomastia merupakan konodisi yang umum ditemukan, pada 40 - 60% laki-laki. Keadaan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal:

  • Proses normal: terjadi pada anak baru lahir, masa pubertas, penuaan, atau obese (kelebihan berat badan). Kemungkinan kondisi yang terjadi pada Anda adalah akibat kelebihan berat badan ini.
  • Proses tidak normal: masalah gangguan hormon, gangguan hati, gangguan ginjal, atau penggunaan obat-obatan seperti  steroid, spironolakton, ataupun alkohol

Jaringan payudara merupakan salah satu jaringan tempat penyimpanan lemak yang berlebih. Oleh sebab itu, bagi seseorang yang memiliki berat badan berlebih maka lemak dapat menumpuk di berbagai tempat, salah satunya pada payudara. Untuk dapat mengurangi lemak pada payudara, harus dilakukan dengan mengurangi berat badan secara umum dulu.

Namun bila telah menurunkan berat badan dan payudara Anda masih besar, kami sarankan Anda mengunjungi dokter secara langsung untuk dilakukan pemeriksaan (misalnya pemeriksaan hormon).

Menurunkan berat badan paling baik dilakukan dengan kombinasi diet sehat dan olahraga. Kedua hal itu tersebut tidak dapat dipisahkan. Anda harus tetap melakukan olahraga bersamaan dengan pengaturan makanan. Jika hanya diet saja dan tidak diimbangi dengan olahraga Anda akan cenderung merasa lemas. Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti plank, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada berat tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar