Sukses

Pertumbuhan Rambut Anak

26 Jun 2018, 14:25 WIB
Wanita, 2 tahun.

Selamat siang dok. Saya mau tanya.ank saya perempuan usia 2.6 thun.tp knpa ya dok pertumbuhan rambutnya bisa di bilang lambat.bila di bandingkan balita pada umumnya.apa ada kelainan pda ank saya? Atau memang karna pengaruh hormon dok.lalu Agar cpt tumbuh rambutnya solusiny gmn dok? Trima kasih Widi semarang

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Namun ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan seperti: shampoo jenis apakah yang anak Anda gunakan? Apakah shampoo yang digunakan merupakan shampoo khusus anak? Apakah rambut anak Anda rontok? Apakah rambut Anda atau suami juga tipis? Apakah anak Anda berjenis kelamin laki-laki atau perempuan? Berapakah berat badan dan tinggi badannya? 

Beberapa penyakit dapat menyebabkan pertumbuhan rambut pada anak terlambat seperti:

  • Genetis : Beberapa bayi memang pertumbuhan rambutnya lambat oleh karena unsur genetis (turunan), malah beberapa bayi ada yang baru tumbuh rambut kepala di saat usia 2 tahun 
  • Infant hair loss : Bayi biasanya kehilangan rambut mereka hingga usai 6 bulan pertama 
  • Infeksi jamur : ditandai dengan luka, gatal, terkadang bentuk seperti bernanah atau titik hitam di kepala yang dapat membuat rambut anak rontok 
  • Alopecia Areata : penyakit autoimun ( daya tahan tubuh menyerang tubuh sendiri) yang membuat gambaran seperti gambaran "pitak" di kepala, yang pada akhirnya akan mengakibatkan kebotakan total.
  • Traction Alopecia : Suatu bentuk kelainan rambut yang sering terjadi pada anak-anak terutama perempuan, yang disebabkan oleh kegiatan menyisir atau mengatur rambut anak perempuan yang berlebihan, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerontokan hingga kebotakan.
  • Defisiensi nutrisi : Gizi yang kurang pada anak juga dapat menyebabkan kebotakan seperti kekurangan protein, zinc, dan zat besi. 

Ada beberapa cara yang dapat Ibu coba agar terjadi pertumbuhan rambut: 

  • Jangan terlalu sering mencuci rambut anak dan gunakan shampo yang sangat lembut serta cocok untuk kulit kepala sensitif.
  • Pindahkan kepala anak bila si anak tidur pada sisi yang tidak terjadi pertumbuhan rambut.
  • Jangan pakaikan perhiasan atau aksesoris kepala pada anak.
  • Pijat kepala anak, untuk menstimulasi peredaran darah pada daerah rambut, lakukan tindakan ini setiap malam sebelum anak tidur.  

Jika keluhan dirasakan sangat menganggu, kami anjurkan agar Anda dapat memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis anak.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar