Sukses

Telinga Sulit Mendengar

26 Jun 2018, 13:52 WIB
Pria, 32 tahun.

Dok... Saya memiliki masalah dengan telinga, saya sama sekali tidak dapat mendengar. Apakah aman menggunakan alat bantu dengar? Apakah membeli alat bantu dengar harus di sesuaikan dengan tingkat kepekaan pendengaran saya? Terimakasih dokter..

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Telinga Sulit Mendengar melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya, Terdapat tiga jenis utama dari gangguan pendengaran:

1. Gangguan pendengaran konduktif terjadi dari masalah di liang telinga. Gendang telinga atau telinga tengah tidak dapat mengirimkan suara secara efektif ke telinga bagian dalam. Masalah ini dapat disebabkan oleh infeksi telinga, tumor, atau benda (seperti penumpukan lilin) di telinga.

2. Kehilangan pendengaran sensorineural seringkali disebabkan oleh kerusakan sel-sel rambut di telinga bagian dalam. Penyebab potensial lainnya termasuk kerusakan pada saraf atau otak. Jenis gangguan pendengaran sering disebabkan oleh usia-terkait perubahan saraf dan sel-sel sensorik dari telinga bagian dalam.

3. Gangguan pendengaran campuran adalah kombinasi dari gangguan pendengaran konduktif dan sensorineural, yang berarti bahwa mungkin ada kerusakan di telinga luar atau tengah, serta di telinga bagian dalam (koklea) atau saraf pendengaran. Kehilangan pendengaran campuran dapat disebabkan oleh cedera kepala, infeksi kronis, atau kelainan bawaan.

Sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan telinga secara langsung sehingga dapat diketahui penyebab gangguan pendengaran Anda

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Telinga Sulit Mendengar. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar