Sukses

Nyeri Payudara Kanan

26 Jun 2018, 13:15 WIB
Wanita, 34 tahun.

Payudara sebelah kanan sering nyeri,, terutama saat lepas bra, menunduk kan badan atau melompat. Br terasa bbrp bulan belakangan. Saya sdh baca artikel tentang kanker payudara tp tidak ada gejala lain selain nyeri saja. Kdng nyeri nya sangat. Itu knp ya dok? Saya mau periksa tapi takut

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Nyeri Payudara Kanan melalui fitur Tanya Dokter.

Secara garis besar, nyeri pada buah dada(payudara) dapat disebabkan oleh berbagai penyebab seperti pembesaran kelenjar karena pengaruh hormonal, infeksi, sumbatan saluran kelenjar air susu, penyakit fibrokistik, kanker payudara dan lain sebagainya.

Untuk dapat membedakan bermacam-macam kelainan ini diperlukan informasi tambahan seperti, sejak kapan keluhan di rasakan? apakah nyeri dirasakan terus menerus atau hilang timbul? apakah nyeri timbul sebelum atau saat haid? apakah menghilang setelah haid berakhir? apakah terdapat benjolan dan atau pembengkakan? apakah terdapat warna kemerahan pada payudara yang terasa nyeri? apakah daerah yang terasa nyeri teraba lebih hangat dari jaringan sekitarnya? apakah terdapat gejala lain seperti demam?

Pada penyakit fibrokistik(Mammary dysplasia) terdapat penambahan jaringan fibrous(jaringan ikat) dan glandular(kelenjar) yang dapat memberikan gejala berupa benjolan yang biasanya multipel, terdapat penebalan, dan rasa nyeri. dan pertumbuhan dipengaruhi oleh hormonal dan terjadi seiring dengan siklus menstruasi. Benjolan ini akan menghilang setelah wanita selesai menstruasi dan dapat kembali terjadi ketika menstruasi datang.

Kanker payudara juga dapat memberikan gejala nyeri pada payudara, namun biasanya disertai dengan gejala lain seperti benjolan yang berbatas tidak tegas dengan pembesaran ukuran yang progresif, konsistensi keras, melekat pada dasarnya(tidak dapat digerakkan), lekukan atau penarikan kulit payudara ke dalam, keluarnya cairan nanah atau darah dari puting susu dan puting susu yang terlihat berubah posisi dan tidak simetris antara payudara kiri dan kanan serta benjolan pada ketiak.

Infeksi pada payudara atau yang dalam bahasa kedokteran dikenal dengan istilah mastitis juga dapat menimbulkan nyeri pada payudara. Gejala lain yang dapat menyertai nyeri adalah terdapat gumpalan(teraba sebagai benjolan) yang terasa nyeri di payudara, kulit kemerahan, nyeri pada payudara yang disertai dengan keluarnya nanah dan darah dari puting payudara serta demam.

Untuk memastikan penyebab dari keluhan yang Anda rasakan, diperlukan informasi yang mendetil serta pemeriksaan fisik langsung ataupun pemeriksaan penunjang. Untuk itu kami sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter umum untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dengan demikian Anda dapat segera mendapat penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Nyeri Payudara Kanan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar