Sukses

Pengobatan Hepatitis B

25 Jun 2018, 22:39 WIB
Pria, 28 tahun.

Dok saya mau tanya : Saya cek lab dan hassilnya adalah HbsAg (+) Anti Hbs (-) HbeAg (+) Anti Hbe (+) Got/Gpt (25/24) Hbv DNA (tidak terdeteksi) Dengan kondisi tsb status hep b saya ini masih akut atau sdh kronis dok? Sy sdh ke spesialist penyakit dalam (KGEH), beliau bilang sy tidak perlu diterapi, tetapi sy berfikir bgmn sy bisa sembuh kalo sy tidak diobati, ada ga si dok terapi yg cocok dengan kondisi sy tersebut agar nilai hbsag nya bisa negativ? Mohon jawaban yg singkat padat dan jelas ya dok. Terimakasih 🙏🙏

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

HBsAg yang positif menandakan bahwa terdapat virus hepatitis B dalam darah Anda dan saat ini dalam kondisi kronik. Hepatitis B sebagian besar akan sembuh dengan baik, tetapi sekitar 5-10% akan menjadi kronik. Bila hepatitis B menjadi kronik maka sebagian penderita hepatitis B kronik ini dapat mengalami sirosis hati dan kanker hati. Pada hepatitis B kronik, nilai HBsAg akan tetap positif setelah jangka waktu beberapa bulan. Apakah Anda memiliki gejala atau keluhan?

Pemeriksaan lain yang perlu dilakukan, antara lain: HbeAg dan HBV DNA. Apabila kadar HbeAg positif, artinya Anda memiliki Hepatitis B Kronik dan masih terdapat replikasi aktif virus di dalam sel hati. Titer HbeAg akan berkorelasi dengan HBV DNA (virus). 

Anda juga perlu melihat kadar SGOT dan SGPT Anda, apabila juga tinggi dan HbsAg serta HbeAg positif, ini semakin menegaskan bahwa Anda mengalami infeksi Hepatitis B kronik. Tujuan terapi hepatitis B kronis adalah mengeliminasi secara bermakna replikasi virus dan mencegah progresifitas penyakit hati ke arah yang lebih buruk (sirosis, kanker hati). Sasaran pengobatan adalah serokonversi HbeAg (mengubah menjadi negatif), menurunkan kadar HBV DNA, dan normalisasi kadar SGOT dan SGPT.

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi kembali ke dokter spesialis penyakit dalam untuk melakukan pemeriksaan yang menilai apakah ada infeksi kronik. Seperti yang telah disebutkan di atas, pemeriksaan yang dapat dilakukan adalah pemeriksaan HbeAg dan fungsi hati. Dengan harapan, sesudah pemeriksaan ini Anda akan mendapatkan terapi atau penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar