Sukses

Bekas Bisul Tidak Hilang-hilang

25 Jun 2018, 19:42 WIB
Pria, 21 tahun.

dok saya mau tanya waktu itu saya bisul di area bokong terus saya kasih salep bisul hitam sama kalmicetine terus bisulnya kempes(udah sembuh) nah beberapa minggu kemudian titik bekas bisul itu jadi bentol dok bentolnya gatel banget tapi gasakit, udah hampir sebulan ga ilang2 bentolnya sampe sehari 4x saya mandi dok buat jaga kebersihan tapi tetep ga ilang2 apa ini mata bisul yg nanti bakal jd bisul lg atau emang bentol biasa ya dok cara sembuhin/ngilanginnya gmn? terimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Bekas Bisul Tidak Hilang-hilang.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Benjolan tersebut tentunya perlu ditelusuri lebih lanjut. Apakah benjolan seperti berisi cairan, padat atau lembek pada perabaan,apakah terasa gatal, apakah benjolan dapat digerakkan, apakah benjolan tersebut berwarna?

Sulit bagi kami untuk mengetahui penyebab benjolan tersebut tanpa melihat dan memeriksa langsung. Berdasarkan data yang Anda paparkan, kami menduga benjolan yang Anda maksud adalah keloid atau jaringan parut bekas luka yang biasa (hypertrophic scar). Keloid merupakan salah satu jenis dari jaringan parut yang merupakan hasil dari pertumbuhan yang berlebihan dari bekas kulit yang terluka, yang melebihi batas luka itu sendiri. Sedangkan hypertrophic scar merupakan pertumbuhan keatas (menonjol) jaringan parut bekas luka yang tidak melebar melewati batas luka. Bentuk keloid kenyal, mengkilat, dan dapat bervariasi dalam warna seperti merah jambu, merah daging, dan coklat gelap. Keloid tidak ganas, tidak menular, dan biasanya terdapat gejala gatal, nyeri tajam, dan perubahan bentuk.

Proses penyembuhan luka terkadang akan meninggalkan bekas luka seperti keloid atau hanya garis-garis kehitaman atau berupa scar putih. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi terbentuknya bekas luka pada seseorang, antara lain kedalaman luka, ukuran luka, lokasi luka dan faktor genetik (keturunan).

Jika benjolan tersebut memang benar keloid ataupun hypertrophic scar, maka Anda tidak perlu khawatir karena kedua hal tersebut tidak berbahaya. Namun untuk memastikannya, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik terhadap anak Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Bekas Bisul Tidak Hilang-hilang. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar