Sukses

Lendir Di Tenggorokan Sulit Dikeluarkan

25 Jun 2018, 18:30 WIB
Pria, 18 tahun.

tolong saya dok sebenarnya saya punya lendir di tenggorokan yg sangat2 menggangu saya rasanya seperti ada yg nyantol atau ya' seperti ada sesuatu yang nyangkut disitu tapi pas saya mencoba mengeluarkannya sulit sekali karena saat saya menghisap dan meng"kuuueeeekkk" kan lendir itu, lendir itu tidak langsung keluar padahal saya memang tidak tahan sekali dengan rasa menggangu itu dan ibu saya sudah menasehati saya supaya tidak mengeluarkannya tapi saya jujur saya benar2 tidak tahan rasa mengganggu akibat lendir itu, saya pun sering mencoba mengeluarkannya sampai tenggorokan saya radang dan bengkak namun rasa itu selalu mengganggu saya pun sudah pergi memeriksakan diri di rumah sakit terdekat dan dokter di situ pun berkata bahwa lendirnya bisa hilang dengan obat pengencer dahak dan memberikannya tapi saya sudah meminumnya sampai habis tapi tenggorokan saya masih sama seperti sebelumnya dan juga bertambah parah radangnya saya cuma minta tolong solusi mohon maaf kalo kata2 saya terlalu panjang sekian.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Lendir Di Tenggorokan Sulit Dikeluarkan.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Sebelum menjawab kami perlu mengetahui lebih jelas mengenai lendir yang Anda rasakan, apakah mengalir di belakang tenggorokan, terasa berasal dari hidung? Mungkin saja Anda mengalami semacam alergi yang dapat menyebabkan post nasal drip (aliran cairan/ingus dari hidung ke tenggorokan/PND). PND biasanya terjadi pada penderita alergi. Ingus dari rongga hidung bagian belakang mengalir ke arah tenggorokan sehingga penderita sering merasakan ada aliran dari arah belakang tenggorokan dan dapat menyebabkan batuk atau rasa napas tidak lega. Makanan yang mengandung produk susu dapat mengentalkan lendir sehingga lebih terasa.

Apakah Anda penderita alergi? Apakah Anda sering mengalami bersin-bersin di pagi hari? Hidung mudah terasa gatal sekali bila terkena debu? Mata sering gatal? Apakah Anda penderita asma? Apakah ada alergi makanan? Semuanya di atas dapat menjadi tanda seseorang memiliki alergi. Sebelum mengobati, tentunya diperlukan diagnosis yang tepat dari keluhan Anda. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT. 

Sementara itu, beberapa hal yang dapat Anda lakukan antara lain: minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya, hindari rokok, minum air hangat yang dicampur dengan madu atau lemon, berkumur-kumur dengan air garam secara teratur, dll. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Lendir Di Tenggorokan Sulit Dikeluarkan. Semoga bermanfaat.

Salam,

1 Komentar

  • Leonardo Xaverio

    ah dok, rasa lendir ditenggorokan saya terus mengganggu saya tidak tau karena apa tapi yg jelas itu sangatlah mengganggu saya sampai sering saya kesulitan tidur hanya karena rasa menyangkut itu tapi saat saya mengeluarkannya urat tenggorokan saya juga rasanya berpindah dan seperti ditarik