Sukses

Nyeri Pada Telinga

25 Jun 2018, 13:38 WIB
Pria, 21 tahun.

Tanya Dokter Selamat Malam Dok. Mau tanya kenapa telinga saya sering mengalami nyeri dipangkal telinga yang berasa sampai rahang\tenggorokan mungkin. ini terjadi sudah hampir lama. saya kira awalnya mungkin hanya kecapean saja. tapi lama kelamaan lumayan menggangu banget sakitnya. sudah pernah periksa ke THT katanya cuma pembekakan biasa. tapi aneh nya setelah beberapa bulan sembuh tiba tiba sering muncul lagi. kira kira solusinya apa ya dok. terimakasih.

Ibu/Saudari yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Gangguan pada telinga yang terjadi pada Anda dapat dikarenakan oleh berbagai macam penyebab. Terdapat kemungkinan adanya kotoran telinga atau serumen yang menumpuk dan mengeras. Serumen yang seperti itu dapat menyebabkan keluhan telinga dan harus dibersihkan terlebih dahulu.

Selain karena serumen, penyebab lainnya dapat berasal dari infeksi telinga ataupun penyakit yang berhubungan dengan syaraf telinga. Untuk menangani keluhan Anda, sebaiknya periksakan terlebih dahulu kondisi telinga Anda pada dokter spesialis THT. Jangan memberikan obat tetes tanpa konsultasi ataupun pemeriksaan langsung dengan dokter. Pemberian obat tetes sembarangan terutama pada mereka dengan gangguan gendang telinga dapat merusak fungsi pendengaran.

Sebagai informasi, kotoran telinga atau dalam bahasa medis disebut serumen, terbentuk dari sekresi kelenjar minyak dan pengelupasan sel epitel liang telinga luar. Serumen menangkap debu dan kotoran sebelum mencapai gendang telinga. Serumen juga melindungi liang telinga luar karena sifatnya yang tidak menyerap air. Serumen yang lama perlahan terdorong keluar oleh pembentukan serumen baru kemudian mengering dan jatuh. Bagaimanapun, pada keadaan tertentu serumen dapat terakumulasi dan mengeras menutupi liang telinga, menyebabkan rasa tidak nyaman, telinga berdenging,  batuk, dsb. Hal ini umum terjadi pada yang lanjut usia dengan alat bantu dengar atau orang yang rajin membersihkan telinga tetapi dengan cara yang salah, seperti dengan cotton-bud, bukan menggunakan korek kuping dengan ujung menyerupai kait. 

Untuk membersihkan kotoran kuping yang kering dan mengeras, dapat dilembekkan dengan tetes kupingcarboglycerin 2-3x tetes/hari selama 2-3 hari. Setelah lunak kotoran telinga lebih mudah dibersihkan dengan korek kuping ujung kait atau dapat keluar dengan sendirinya saat tidur miring. 

 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar