Sukses

Lemah Jantung
25 Jun 2018, 12:00 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok mU TANYa... Makanan untuk penderita lemah jantung apa yh?.

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.

Salam kami untuk kakak Anda tercinta. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kami menduga yang Anda maksud dengan lemah jantung adalah apa yang disebut dengan kardiomiopati. Kardiomiopati adalah suatu penyakit ketidakmampuan otot jantung memompa jantung, ada 3 tipe kardiomiopati hipertrofi, kardiomiopati restriktif dan yang paling sering adalah kardiomiopati dilatasi. 

Kardiomiopati hipertrofi merupakan kelainan genetik dimana sel2 otot jantung terbentuk berlebih sehingga dapat mengakibatkan gangguan irama jantung (aritmia).

Kardiomiopati restriktif, biasanya disebabkan karena penyakit amyloidosis, sarcoidosis.

Kardiomiopati dilatasi yang sering juga dikenal dengan gagal jantung. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh jantung koroner, dimana terdapat sumbatan pada pembuluh darah jantung sehingga otot jantung menjadi rusak dan menjadi lemah dan melebar, mengganggu kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan penderita kadang sering mengalami sesak nafas, bila ini terjadi biasanya gagal jantung kiri. Sedangkan pada gagal jantung kanan, penderita sering mengeluh bengkak di kaki.

Penanganan "lemah jantung" tentu disesuaikan dengan penyebabnya, umumnya dengan konsumsi obat teratur dan perubahan gaya hidup. Mohon maaf, kami tidak dapat memberikan pengobatan karena tidak memeriksa langsung. Obat yang Anda sebutkan mengandung propanolol, jika penggunaan obat lebih banuak manfaatnya saat dipakai dibandingkan jika tidak dipakai maka pemakaian obat secara teratur tentunya akan lebih baik. Dokter yang merawat kakak Anda tentunya sudah mempertimbangkan terapi apa yang akan diberikan kepada kakak Anda. Yang dapat kami sarankan adalah, saat meminum obat sesuai dengan dosis obat yang disarankan oleh dokter dan rutin kontrol dengan dokter spesialis jantung guna evaluasi lebih lanjut mengenai penyakit kakak Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar