Sukses

Menghilangkan Nikotin di Tubuh

25 Jun 2018, 11:11 WIB
Pria, 18 tahun.

Dokter saya akan tes kesehatan pada tanggal 3 juli dan saya memutuskan untuk berhenti merokok tanggal 20 tapi setelah 4 hari kemudian saya menghisap vapor 2x tp trnyata kandungan vapor itu ada nikotinnya kira2 nikotin bisa hilang tidak sebelum saya tes kesehatan pada tanggal 3 ?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Cara menghilangkan nikotin dari dalam tubuh:

1. Minum banyak air

Agar tetap sehat, setiap orang harus minum setidaknya 1,8 – 2,0 liter air per hari. Namun, nikotin dapat dibersihkan dari tubuh lebih cepat jika Anda minum setidaknya 2,3 liter air selama beberapa hari. Perlu juga menjadi perhatian, hati-hati jika mengkonsumsi air dalam jumlah berlebihan dapat membuat gangguan keseimbangan mineral dalam tubuh yang justru menimbulkan penyakit lain.

2. Olahraga

Selain banyak minum air, berolahraga adalah cara yang bagus untuk membersihkan tubuh dari kotoran melalui keringat, termasuk nikotin.

Jalan, joging, atau olahraga lain (seperti tenis) baik untuk membersihkan nikotin dari tubuh. Olahraga setidaknya perlu dilakukan 30 menit setiap sesi dengan frekuensi hingga 5 kali perminggu. Jangan berlebihan melakukan olahraga karena justru bisa berakibat buruk bagi paru-paru dan jantung.

3. Perbanyak buah dan kurangi fast food

Tingkat keasaman dan vitamin dalam buah-buahan seperti jeruk dan apel dapat bekerja untuk membersihkan tubuh dari nikotin. Selain itu, kurangi makanan cepat saji dan makanan berat untuk setidaknya beberapa hari. Makanan berat bisa diganti dengan biskuit, buah, sayuran, dan makanan rendah kalori.

4. Hindari alkohol

Hindari alkohol, gula, dan kopi setidaknya untuk beberapa hari selama periode upaya pembersihan nikotin. Alkohol bisa memperlambat nikotin keluar dari tubuh dan memicu keinginan untuk merokok kembali.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar