Sukses

Sisik Putih Dan Gatal Di Tengkuk

25 Jun 2018, 10:58 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok saya ingin bertanya, jika ada sisim di bagian tengkuk kepala itu penyakit yg serius atau bukan? Ciri cirinya, sisik putih tipis dan gatal jika terkena air dan sabun. Mohon di jawab dok terimakasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami membutuhkan informasi mengenai gambaran kelainan kulit yang Anda alami (warna, tepi, permukaan, bentuk, dsb). Kelainan kulit memang paling baik dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Apakah Anda mengoleskan salep tersebut secara teratur sesuai anjuran dokter?

Kami mencurigai kelainan yang Anda alami adalah eksim atau dermatitis. Seseorang yang memiliki dermatitis cenderung memiliki kulit yang kering. Seorang dengan alergi memiliki kulit kering sehingga cenderung lebih rentan terhadap infeksi. Yang dapat Anda lakukan adalah:

·       Pilih sabun bayi yang mengandung banyak moisturizer

·       Gunakan pelembab pada tangan 

·       Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering

·       Jagalah daerah yang gatal dari garukan atau gesekan

·       Biasakan untuk menggunakan pakaian yang dapat menutupi lengan dan tungkainya dan gunakan pakaian yang menyerap keringat. Hindari pakaian yang memicu gatal seperti bahan wool.

Pengobatan yang sering diberikan adalah kortikosteroid topikal (oles) 1x/hari malam hari dan antihistamin (anti gatal: CTM, loratadin, cetirizine). Obat tersebut harus berada di bawah pengawasan dokter. Namun yang terpenting adalah menjaga kesehatan kulit Anda agar tidak timbul prurigo kembali, antara lain dengan memerhatikan faktor-faktor di atas yang diduga berpengaruh. Anda tidak perlu khawatir, karena bekas luka umumnya akan menghilang secara perlahan. Namun ada juga obat untuk menghilangkan bekas luka seperti hidrokuinon.

Bagaimanapun, hal ini masih merupakan kemungkinan  yang harus dibuktikan melalui pemeriksaan langsung oleh dokter. Untuk itu, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diagnosis dan terapi lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar