Sukses

Pencegahan Kanker Payudara

25 Jun 2018, 10:54 WIB
Pria, 35 tahun.

Dok, saya mendapat broadcast ttg "kick off kanker payudara", dimana beberapa sarannya adalah melarang memakai BH Hitam di musim panas, dilarang memakai BH berkawat, dilarang memakai BH saat tidur. Mohon informasi apakah hal itu benar? Saya khawatir krn istri saya punya BH berkawat. Terimakasih

Terimakasih telah bertanya seputar faktor risiko kanker payudara melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Hingga kini, kanker payudara merupakan penyebab kematian kedua terbanyak pada wanita Indonesia, setelah kanker serviks.

Kanker payudara memang sebagian besar diturunkan secara genetik. Artinya bila ibu Anda mengalaminya, peluang Anda pun besar untuk mengalami kanker payudara.

Berikut adalah faktor risiko yang terkait dengan kanker payudara.

Usia. Risiko kanker payudara meningkat seiring dengan pertambahan usia.

Faktor genetik. Adanya perubahan pada gen tertentu seperti BRCA1 dan BRCA2 memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara dan indung telur.

Riwayat keluarga dengan kanker payudara. Risiko mengalami kanker payudara lebih tinggi jika:Terdapat satu atau lebih keluarga keturunan tingkat pertama, yaitu ibu, saudara wanita, atau anak perempuan, yang mengalami kanker payudara—terutama bila didiagnosis sebelum menopause.

Keluarga tingkat kedua seperti nenek, tante, atau keponakan wanita dari pihak ayah maupun ibu terkena kanker payudara.

Riwayat keluarga memiliki kanker pada kedua payudara sebelum menopause.Dua atau lebih saudara memiliki kanker payudara atau indung telur.Saudara laki- laki dengan riwayat kanker payudara.Riwayat reproduksi seperti menstruasi sebelum usia 12 tahun, kehamilan pertama di atas usia 30 tahun dan tidak mencapai usia kehamilan cukup bulan (lahir prematur), tidak pernah hamil, atau menopause setelah usia 55 tahun.

Menggunakan terapi kombinasi hormon. Menggunakan terapi hormon untuk mengganti kehilangan estrogen dan progesteron saat menopause lebih dari 5 tahun dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Riwayat terapi radiasi. Wanita yang pernah menjalani terapi radiasi pada bagian dada atau payudara (seperti pada Limfoma Hodgkin) sebelum usia 30 tahun berisiko tinggi mengalami kanker payudara di kemudian hari.Faktor lain. Hal-hal lainnya yang mungkin menyebabkan kanker adalah merokok, paparan terhadap zat kimia yang menyebabkan kanker (karsinogenik), dan bekerja pada shift malam.

Namun demikian, faktor-faktor risiko tersebut dapat dicegah, ditunda kemunculannya, atau bila sudah ada dapat ditangani secara dini dengan rajin melakukan pemeriksaan payudara, baik secara sendiri maupun dengan peralatan medis seperti USG payudara atau mamografi.

Penanda tumor payudara seperti CA 15.3 juga dapat diperiksa melalui pemeriksaan darah.

Sebagai langkah awal, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter umum maupun spesialis penyakit dalam. Pilihkan fasilitas kesehatan yang memiliki pelayanan medical check up yang baik dan hasilnya terpercaya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar kanker payudara. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar