Sukses

Anak Susah Makan Sayur

25 Jun 2018, 09:34 WIB
Pria, 41 tahun.

Maaf dok saya punya anak usia 4 tahun susah sekali makan sayur malah gak pernah mau. Dan lagi susah menelan daging. Daging yg sudah dikunyah dikeluarkan lagi ampasnya..bagaimana seharusnya saya...supaya anak bisa makan daging dan sayur. Terima kasih atas penjelasannya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Membuat anak makan sayur memang pekerjaan yang sulit bagi orangtua. Untuk menyiasatinya, orangtua harus memiliki trik-trik untuk membuat anaknya dengan sukarela memakan sayuran, bukan dengan paksaan. Sayur relatif tidak memiliki rasa dibandingkan buah. Anak-anak akan lebih mudah memakan buah daripada sayur.

Yang pertama yang dapat dilakukan adalah jangan bosan menawari anak berulang kali agar mereka mau mengonsumsi sayuran. Anak umumnya perlu diberi tawaran sekitar 15 kali atau memakan waktu sampai sebulan untuk membuat mereka benar-benar menelan sayurannya.

Yang Kedua, Anda dapat melibatkannya di dalam pemilihan sayuran di supermarket sampai pembuatan sayuran di rumah. Ketika di supermarket, biarkan anak untuk memilih sayurannya dan Anda dapat menjelaskan mengenai zat yang terkandung di dalam sayuran dan betapa pentingnya sayuran bagi tubuh. Setelah itu, Anda dapat melibatkan anak di dalam proses memasak sayuran. Biarkan anak mencuci sayuran atau bila perlu memotong sayuran di bawah pengawasan (untuk anak besar). Dengan ini, anak diharapkan akan mau memakan sayuran hasil dari masakannya.

Ketiga, sajikan variasi sayuran semenarik mungkin. Anda dapat membuat bentuk bunga matahari bagi wortel, membentuk wajah tersenyum dari sayuran di ppiring anak, dan lain-lain.

Keempat, Anda dapat menyuguhkan hidangan sayuran dengan alternatif lain. Contohnya seperti digoreng tepung. Brokoli goreng tepung akan disukai oleh anak-anak karena rasanya yang gurih. Atau Anda dapat menyajikan sayuran dalam bentuk jus yang dicampur dengan sedikit madu.

Kelima, Anda dapat memotong halus atau memblender sayuran dan mencampurnya di dalam sup atau semur sehingga mereka akan memakannya tanpa sadar. Anda juga dapat menyembunyikan sayuran ke dalam makanannya, misalnya roti isi.

Keenam dan paling penting, buatlah contoh yang baik di rumah. Apabila Anda menginginkan anak Anda makan sayur, maka usahakan agar keluarga (ayah dan ibu) juga memakan sayuran. Anak akan mudah meniru orangtua. Penuhi kulkas Anda dengan buah dan sayur. Sajikan di rumah snack yang berasal dari sayuran atau buah. Hidup sehat, san singkirkan permen serta gula-gula dari rumah Anda.

Anak akan mulai terbiasa untuk makan sayur apabila diberikan sejak kecil.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar