Sukses

Bisul Dekat Anus

25 Jun 2018, 09:34 WIB
Pria, 60 tahun.

Dok , saya ada bisul dekat anus yang sudah pecah ,lukanya tidak sembuh padahal sudah diberi betadin , lukanya masih ada cairan kental warna kekuningan , obat apa yang cocok . T kasih

Terima kasih telah menggunakan Bisul Bernanah pada Pantat Dekat Anus menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering  adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran sisebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi  kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh. Berdasarkan informasi yang Anda berikan, bisul yang terjadi berulang  kali kambuh kembali, yang berarti bahwa faktor pencetus bisul tersebut  belum dihilangkan dan bisul yang Anda miliki belum ditatalaksana sampai tuntas.

Dapat juga bisul tersebut juga merupakan Anal fistula yang merupakan  kondisi adanya saluran penghubung antara anus dan kulit yang menetap  hingga 2-3 bulan akibat infeksi lokal.

Penyebab anal fistula adalah sumbatan (bisa akibat kotoran/feses, luka atau benda asing)dan infeksi dari kelenjar di  daerah dubur yang mengakibatkan terjadinya peradangan. Jika peradangan  sampai kebawah kulit disekitar dubur, kulit menjadi merah, sakit dan  ada benjolan (penderita biasanya merasakan demam). Peradangan ditambah dengan adanya kuman akan  mengakibatkan terbentuknya abses /nanah. Dengan bertambahnya kumpulan  nanah maka rasa sakit juga akan bertambah. Pada tahap ini pemberian  antibiotika saja tidak akan dapat menyembuhkan/menghilangkan nanah.  Oleh karena itu tujuan terapi adalah menghilangkan nanah yang ada  melalui proses drainase (dialirkan keluar melalui pembedahan). Akan  tetapi, nanah dapat pecah sendiri (spontan). Setelah nanah keluar dan  luka mengering, ada dua kemungkinan yaitu sembuh sama sekali atau  sembuh dengan meninggalkan lubang kecil yang terus menerus mengeluarkan cairan nanah terkadang bercampur darah. Meskipun tidak sakit tetapi  akan mengganggu kehidupan sehari-hari.  Kondisi ini disebut anal  fistula.

Obat untuk mengobati bisul, sesuai dengan penyebabnya, adalah  antibiotik, bisa berupa topikal (dioleskan) ataupun oral (tergantung  jenis furunkel). Namun sesudah diberikan antibiotik, guna mencegah  bisul tersebut kambuh kembali, disarankan untuk menjaga kebersihan  daerah tersebut. Dalam kasus Anda, kelembaban daerah bokong akan  mempermudah timbulnya bisul kembali.

Disarankan untuk menjaga kebersihan daerah sekitar bokong, mengeringkan  ddaerah bokong dan sekitarnya setelah BAB dan BAK dengan handuk kecil  atau tissue, tidak menggunakan celana dalam ataupun celana yang ketat,  disarankan memakai pakaian dalam dari bahan kaos atau katun, dan rajin  berganti pakaian dalam.

Apabila keluhan ini sudah berulang, kami sarankan untuk berkonsultasi  langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara  langsung.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar