Sukses

Gejala Cacar Air

25 Jun 2018, 09:01 WIB
Wanita, 54 tahun.

Dok, anak saya yang berumur 12 tahun terkena cacar air dan sudah hampir sembuh. Tapi di badannya (di siku dan leher) timbul ruam - ruam merah dan mengeras. Apakah ini gejala cacar ular, dok?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya seputar cacar air menggunakan fitur Tanya Dokter

Cacar air atau Varicella simplex, suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Penyakit ini disebarkan secara aerogen atau melalui udara. Pada permulaannya, memang penderita akan merasa sedikit demam, pilek, cepat merasa lelah, lesu, dan lemah.

Kemerahan pada kulit pada cacar air lalu berubah menjadi lenting berisi cairan dengan dinding tipis. Masa inkubasi virus varicella zooster adalah 10-21 hari jadi setelah terinfeksi oleh virus, maka gejala cacar air dapat muncul 10-21 hari kemudian. Sebagaimana halnya sebuah virus, varicella bisa menyerang siapa saja, namun tidak ada "kewajiban" bahwa seseorang harus terserang varicella di dalam hidupnya, dan tidak ada perbedaan karakteristik antara penderita dewasa dan anak-anak. Jaga kualitas kekebalan tubuh Anda dan rajinlah mencuci tangan agar terhindar dari serangan virus apapun.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi banyaknya lesi kulit. Pemberian antivirus dapat diberikan pada tiga hari pertama timbulnya lesi kulit atau jika lesi masih bertambah banyak. Pemberian antigatal atau bedak untuk membuat lesi kulit kering.

Namun untuk mendapatkan obat virus ini diperlukan pemeriksaan langsung terlebih dahulu oleh dokter. 

Biasanya virus cacar air akan infeksius 1-2 hari sebelum munculnya lesi pada kulit dan hilang saat lesi kulit sudah tidak timbul yang baru lagi (lesi kulit sudah berbentuk krusta/sudah tidak mengelembung) biasanya 1 minggu setelah muncul lesi pertama. Jadi biasanya sekitar 1 minggu setelah munculnya lesi kulit pertama kali, Anda sudah tidak infeksius.

Mengenai makanan, untuk mempercepat penyembuhan Anda bisa mengkonsumsi makaan yang bergizi, seperti sayuran dan buah-buahan, dan gizi yang seimbang serta istirahat yang cukup.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar