Sukses

Makna IGRA Positif

24 Jun 2018, 17:21 WIB
Pria, 26 tahun.

Siang Tim Tanya Dokter saya Kevin 26 Tahun Berawal Dari persiapan Operasi Amandel Saya disuruh Rontgen thorax Hasil normal cuman Saya Ke dokter paru disuruh cek Igra hasil positif cek dahak belum Apakah Saya Terdiagnosis TB?

Terimakasih telah bertanya tentang pemeriksaan tuberkulosis melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

IGRA adalah pemeriksaan yang dimaksudkan untuk melihat apakah tubuh Anda mengandung bakteri tuberkulosis. Hasil IGRA yang negatif berarti tubuh Anda tidak mengandung bakteri TB dan hasil yang positif berarti tubuh Anda mungkin mengandung bakteri TB. 

Jika hasil IGRA positif, biasanya dokter membutuhkan pemeriksaan rontgen dada untuk mengonfirmasi. Jika rontgen dada negatif TB, seperti kasus Anda, artinya Anda tidak mengalami infeksi TB aktif (tidak infeksius, tidak menularkan). Dalam hal ini, kedua hasil tes tersebut berkesinambungan dan tidak ada yang kontradiktif.

Kesimpulannya, kemungkinan besar Anda mengalami infeksi TB laten.

Seseorang yang mengalami infeksi TB laten tidak merasa sakit dan tidak menunjukkan gejala apapun. Mereka terinfeksi oleh kuman TBC (Mycobacterium tuberculosis), tetapi tidak memiliki penyakit TB. Satu-satunya tanda orang tersebut terinfeksi TB adalah hasil positif pada uji tuberkulin atau IGRA.

Berikut ciri-ciri lain dari orang yang terinfeksi TB laten:

Uji tuberkulin atau darah positif terhadap infeksi TBRontgen dada normalHasil pemeriksaan dahak/sputum BTA negatifMemiliki kuman TB hidup di dalam tubuhnya, tetapi tidak aktifTidak merasa sakitTidak menularkan infeksi TB kepada orang lainKonsultasikan ulang dengan dokter yang memeriksa Anda apa yang harus Anda lakukan. Meski Anda tidak memiliki infeksi TB aktif, Anta tetap memerlukan pengobatan TB agar penyakit TB tidak berkembang.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar pemeriksaan tuberkulosis. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar