Sukses

Uterus Bicornus

24 Jun 2018, 17:05 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, apakah orang yang memiliki uterus bicornus unicolis itu sulit haminya?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikdokterUterus atau rahim berperan penting dalam proses reproduksi. Jika terdapat kelainan pada uterus, seperti kelainan bawaan atau yang diperoleh, maka akan mengganggu lancarnya kehamilan dan persalinan. Sehingga sangat mungkin bahwa keguguran berulang yang Anda alami berkaitan dengan kelainan bentuk uterus Anda.

 

Terdapat dua tipe uterus bikornus:

1. Uterus bicornis unikollis, terjadi pemisahan uterus kanan dan sebelah kiri yang sangat jelas , namun serviks/leher rahim tetap menjadi satu.

2. Uterus bicornis bikollis, terjadi pemisahan uterus kanan dan kiri, serviks ganda, dan vagina tunggal atau ganda.

Apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kehamilan agar dapat berjalan normal?

Kehamilan dengan uterus bikornus umumnya cenderung akan mengalami komplikasi, akibat bentuk uterus yang tidak normal. Rongga dalam uterus yang seharusnya dapat memberikan ruang bagi pertumbuhan bayi menjadi lebih sempit, sehingga bayi umumnya lahir secara prematur atau mengalami pertumbuhan yang terhambat.

Namun, tetap ada kasus dimana seseorang yang memiliki uterus bikornus dapat menjalani kehamilan dengan persalinan caesar. Tetap periksakan kandungan secara teratur dengan dokter kandungan Anda. Berdoalah agar dapat melangsungkan kehamilan hingga cukup bulan dan persalinan.

Setelah itu, berkonsultasilah dengan dokter kandungan Anda mengenai tindakan korektif yang dapat dilakukan untuk memperbaiki uterus Anda nanti.

Apakah seseorang yang memiliki kelainan uterus seperti saya dapat hamil dan memiliki keturunan yang normal?

Tidak semua kelainan uterus memiliki arti yang sama. Namun kelainan uterus seperti Anda- uterus bikornus- memiliki kemungkinan untuk hamil. Kehamilan dengan uterus bikornus seperti pada kasus Anda tergolong memiliki risiko, karena adanya risiko yang lebih tinggi terjadinya komplikasi dan karena bayi yang dikandung dapat mengalami kelainan kongenital, kelahiran prematur dan pertumbuhan janin terhambat. Keturunan dari seorang ibu dengan uterus bikornus memiliki risiko empat kali lebih tinggi terjadi kelainan kongenital dibandingkan bayi yang lahir dari wanita dengan uterus normal.

Demikian informasi kami sampaikan.Semoga bermanfaat. (RIPI)

Salam,

 

Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar