Sukses

Penyebab Ginjal Sebelah Tidak Berfungsi

24 Jun 2018, 07:43 WIB
Pria, 48 tahun.

Istri saya (45 th) baru-baru ini dinyatakan oleh dokter urinologi ginjal bahwa ginjal kanan sudah tidak berfungsi, sedangkan ginjal kiri masih normal. Istri saya sudah menjalani USG dan CT IVP. Kata dokter, penyebab ginjal kanan kenapa sampai tidak berfungsi, tidak diketahui. Kemungkinan ini sudah cacat bawaan sejak lahir, tapi baru diketahui sekarang. Mohon pendapat dokter. Terimakasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Apakah istri Anda mengalami keluhan tertentu terkait ginjalnya ataukah ini ditemukan secara kebetulan?

Pada dasarnya, manusia dapat hidup hanya dengan satu ginjal. Dan jika ginjal tersebut berfungsi baik, maka kelainan salah satu ginjal sejak lahir dapat tidak terdeteksi. Ada banyak macam jenis kelainan, mulai dari ginjal yang tidak berkembang, ginjal porselen, atau ginjal yang mengalami pembengkakan akibat kelainan anatomi sejak lahir. Penyebab sekunder bisa karena darah tinggi, batu ginjal, ataupun penyakit autoimun.

Jika memang selama ini tidak ada gejala apapun, kemungkinan penyebabnya ialah kelainan bawaan lahir.

Meski demikian Anda tak perlu khawatir, sebab selama fungsi ginjal yang satu normal dan istri tidak ada penyakit kronis apapun seperti diabetes, darah tinggi atau autoimun, tidak akan ada masalah pada ginjalnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar