Sukses

Mengobati Bisul

24 Jun 2018, 05:48 WIB
Pria, 24 tahun.

Halo dok, saya memiliki bisul di paha kiri yg sudah pecah namun sepertinya isinya belum keluar semua, menyebabkan rasa sakit ketika berjalan dan kulit disekitar bisul menjadi kemerahan sekitar 10 cm. Jika saya ingin agar isi bisul saya dapat dikeluarkan semua, saya harus ke dokter kulit atau ke dokter bedah dok? Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya tentang Mengobati Bisul melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Izinkan kami menjelaskan tentang bisul dan penanganannya. Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

Obat untuk mengobati bisul, sesuai dengan penyebabnya, adalah antibiotik, bisa berupa topikal (dioleskan) ataupun oral (tergantung jenis furunkel). Namun sesudah diberikan antibiotik, guna mencegah bisul tersebut kambuh kembali, disarankan untuk menjaga kebersihan daerah tersebut. 

Kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter bedah agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan ditata laksana secara optimal. Pemeriksaan terutama penting untuk mengetahui apakah keluhan Anda adalah bisul biasa atau fistula.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Mengobati Bisul. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar