Sukses

Sariawan Pada Rahang, Lidah Dan Bibir

23 Jun 2018, 22:29 WIB
Pria, 36 tahun.

Saya seorang mantan perokok tembakau maupun elektrik, saya sering mengalami sariawan di bagian rahang, lidah, maupun bibir, biasanya tumbuh lebih dari satu, dan setelah beberapa minggu sembuh, akan muncul lagi di bagian2 lain dalam waktu selang 1 minggu. Hal yg saya lakukan dengan menggunakan obat sariawan, kumur air garam, hingga menganti pasta gigi yg katax sesuai utk penderita sariawan. Menurut dokter apakah hal ini wajar, dan adakah solusinya utk saya. Terimakasih

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

 

Sariawan merupakan salah satu permasalahan yang umum di alami oleh kebanyakan orang. Kondisi ini terjadi karena adanya infeksi pada mulut yang disebabkan oleh jamur. Biasanya sariawan terjadi pada gusi, lidah, pipi bagian dalam, langit-langit bahkan tenggorokan. Beberapa pemicu diantaranya adalah  kebersihan mulut yang kurang terawat, sistem kekebalan tubuh yang menurun, penggunaan obat-obatan tertentu serta penggunaan gigi palsu.

Merokok selain dapat menyebabkan kerusakan pada saluran pernafasan, dapat juga menyebabkan beberapa efek samping pada daerah mulut, diantaranya adalah nafas yang kurang segar, kerusakan pada gigi-geligi dan peradangan pada mukosa.

Untuk memastikan kondisi anda, sebaiknya segera pergi ke dokter gigi untuk dilihat kondisi mulut anda. Pemeriksaan akan dilakukan lebih detail oleh dokter gigi dan beliau akan memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi tersebut.

 

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar