Sukses

Ingin Hamil Lagi Setelah Lepas KB

23 Jun 2018, 17:26 WIB
Wanita, 32 tahun.

Assalamualaikum dok, saya ibu dengan 1 anak dan ingin hamil lagi. Saya sudah lepas KB suntik 3bln, dan 1 bulan saya selang seling dari maret 2017. , dan kadang tidak KB jadi tidak rutin. Anak saya sudah usia 4th 4bulan. Ingin promil dok, tolong dibantu.

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Bila menggunakan KB suntik 3 bulan bulan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan.

Bila Anda sudah berhenti menggunakan KB hormonal selama 1 tahun dan belum hamil padahal sudah berhubungan seks dengan teratur, kemungkinan besar hal tersebut bukan karena KB sebelumnya. Ada kemungkinan Anda dan/ atau pasangan mengalami gangguan kesuburan. Kami anjurkan Anda dan pasangan ke dokter kandungan.

Sebagai tip berikut yang bisa dilakukan:

1. Tentukan masa subur Anda

Masa subur berlangsung selama 6 hari, yaitu pada 2 hari sebelum ovulasi hingga 3 hari setelah ovulasi. Kemungkinan hamil akan tinggi bila hubungan intim dilakukan pada waktu-waktu ini.

Bagaimana caranya untuk mengetahui waktu ovulasi Anda?

  • Catat selalu rata-rata siklus haid Anda. Hari 1 adalah hari pertama Anda haid.
  • Ovulasi terjadi kurang lebih 2 minggu (14 hari) sebelum haid berikutnya. Apabila siklus haid rata-rata 28 hari, Anda akan ovulasi di sekitar hari ke-14.

Apabila siklus haid Anda tidak teratur, lihat periksa siklus terpanjang dan terpendek dalam 3 bulan terakhir. Misalnya siklus terpanjang 35 hari dan siklus terpendek 21 hari. Hari 1 adalah hari pertama haid. Masa subur Anda berada di (21-18)/hari 3 hingga (35-11)/hari 24. Di antara hari ke-3 hingga ke-24 ini Anda memiliki peluang untuk hamil.

Apabila masa subur sulit diperkirakan, hubungan intim dianjurkan setiap 2 hingga 3 hari untuk meningkatkan peluang hamil.

2. Maksimumkan kesuburan Anda, dengan:

  • Berhubungan intim dengan teratur 2-3x/minggu
  • Berhubungan intim setiap hari di masa subur
  • Lakukan gaya hidup sehat dengan mempertahankan berat badan yang baik/ideal, berolahraga 3-4x/minggu, membatasi konsumsi kafein dan teh, dan mengelola stres
  • Sediakan waktu untuk konseling pra kehamilan dengan dokter kebidanan Anda, tujuannya  agar kesehatan Anda bisa dievaluasi secara menyeluruh dan mengetahui apa saja yang harus diperbaiki/diantisipasi terkait dengan riwayat kesehatan Anda
  • Minum vitamin untuk kesehatan janin, terutama asam folat

3. Hindari hal-hal berikut ini:

  • Merokok, konsumsi alkohol, minum obat-obatan tanpa saran dokter
  • Exercise yang berlebihan

4. Tingkatkan kualitas sperma dengan:

  • Hindari alkohol, rokok, dan obat-obatan terlarang
  • Minum vitamin yang mengandung seng, kalsium, asam folat, vitamin C, D, dan E

5. Carilah waktu untuk berlibur bersama pasangan Anda agar tubuh dan pikiran rileks

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar