Sukses

Hiding Tersumbat, Batuk dan Asma

23 Jun 2018, 17:05 WIB
Wanita, 17 tahun.

Permisi dok, mau bertanya. Saya sudah 1minggu hidung saya mampet tapi tidak ada ingusnya ada pun hanya sedikit dan tetap mampet sudah saya beri inhaler tetap seperti itu. Saya juga batuk dan setiap batuk tenggorokan saya gatal dan punggung saya nyeri gatal dok. Karena batuk itu setiap malam asma saya jadi kumat, kadang saat mau tidur tidak kumat lalu tengah malam terbangun karena susah nafas. Kadang juga tidak bisa tidur karena batuk dan asmanya padahal saya sudah minum obat asma sebelum tidur. Obatnya kira kira apa ya dok? Terimakasih.

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Melihat ada faktor asma dan batuk, sepertinya yang Anda alami berhubungan dengan alergi. Apakah Anda menyadari pemicunya? Pemicunya bisa dari lingkungan, makanan, atau apa yang Anda hirup. Sehingga, ini menimbulkan reaksi pada saluran nafas Anda berupa hidung yang tersumbat, batuk dan saluran nafas yang menyempit sehingga muncul asma.

Bila seperti ini, maka yang perlu dicari tahu ialah pemicu alerginya, dan sebisa mungkin menghindarinya. Sementara itu, untuk mengatasi keluhan, Anda dapat menggunakan inhaler untuk mengurangi sesak nafas dan batuk.

Namun, sebelum mengobati sendiri, sebaiknya periksakan diri terlebih dulu ke dokter penyakit dalam atau THT untuk dievaluasi dan disesuaikan pengobatannya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar